Wisata Religi Di Sumatera Barat

0
12
mesjid raya sumatera barat

Berbicara tentang provinsi Sumatera Barat, siapa yang tidak pernah mengunjunginya?. Jawabannya tentu ada pada masing- masing pribadi, bagi saya, provinsi ini sangatlah indah, ramah dan sangat dirindukan. Karena menyimpan berbagai macam keunikan.

Kali ini kita membahas mengenai salah satu tempat wisata religi. Salah satunya adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Dengan luas 4.430 meter masjid ini menjadi kebanggaan dan ikon menarik provinsi Sumatera Barat.

Berbeda dengan masjid pada umumnya yang memiliki kubah di atasnya, masjid raya ini memiliki atap dengan khas rumah adat Minangkabau yaitu Rumah Gadang dengan sudut yang lancip lengkap dengan ukiran kaligrafi yang menawan menghiasinya.

Seorang arsitek bernama Rizal Muslimin yang berada dibalik terbangun masjid megah ini. Dengan mihrab masjid menyerupai Hajar Aswad dengan ukiran Asma’ul Husna yang indah dan didesain mampu tahan gempa hingga 10 magnitudo.

Mesjid ini terdiri dari tiga lantai, dimana lantai pertama merupakan tempat wudhu, dan lantai kedua merupakan tempat sholat utama yang sering digunakan, sedangkan lantai ketiga merupakan tempat alternativ para jemaah yang hendak melakukan sholat.

Karena keunikannya, Masjid Sumatera Barat tidak hanya dikenal di wilayah Sumatera atau seluruh penjuru nusantara, akan tetapi masjid ini dikenal hingga ke mancanegara. Kini, masjid ramai dikunjungi bukan hanya untuk beribadah dan wisata religi, namun juga hendak melihat secara langsung kemegahan dari masjid raya tersebut.

Masjid ini terletak di Jalan Chatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang merupakan masjid terbesar di Sumatera Barat. Bagi yang ingin berwisata religi ke Sumatera Barat  jangan lupa untuk sholat disana dan tetap menjaga kebersihan.

Masjid adalah tempat ibadah umat islam

“Secepat apapun langkah kakimu di dunia, akan sia-sia bila masih berat melangkah ke Masjid.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini