Wajib Tahu! Begini Cara Membuat Resensi Novel Dengan Benar

0
24
cara membuat resensi novel

Jika anda sering berinteraksi dengan unia literasi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan resensi buku. Esensi merupakan sebuah tulisan yang biasanya mengulas sebuah karya baik itu berupa buku, novel, film, musik, maupun karya seni lainnya. Nah, kali ini Anda dapat mengetahui cara meresensi novel dengan benar. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ini Cara Membuat Resensi Novel Yang Wajib Diketahui

Kata resensi berasal dari bahasa Belanda ‘resentie’ juga bahasa Latin ‘recensio’. ‘recensere’, atau ‘revodere’ yang memiliki arti mengulas kembali. Karena itu kegiatan meresensi dapat berarti menilai, mengungkap kembali isi buku, membahas, atau mengkritik buku. Adapun tujuan resensi tentunya untuk menginformasikan buku kepada masyarakat luas. Nah, sekarang, yuk simak cara membuat resensi novel berikut ini.

1.Tentukan Novel Yang Akan Diresensi

Pertama-tama tentunya Anda harus menentukan novel yang akan diresensi. Apakah genre novel tersebut horor, romantis, atau jenis novel sastra. Apa tema yang diangkat. Setelah itu Anda dapat mencari novel serupa baik itu karya dari penulis yang sama maupun dari penulis yang berbeda, sebagai pembanding. Anda dapat meresensi novel-novel terbaru maupun novel lawas yang masih menarik minat pembacanya.

2.Ketahui Struktur Resensi Novel

Sebelum menulis sebuah resensi sebaiknya Anda membuat kerangka yang memuat poin-poin peting dari novel yang akan Anda resensi. Secara umum struktur atau kerangka dari sebuah referensi meliputi judul resensi, data novel, synopsis novel, dan juga kelebihan serta kekurangan dari novel tersebut. Pada data buku Anda dapat mencantumkan nama penulis, tebal buku, penerbit, dan lain sebagainya.

3.Mulai Membaca Dan Memperhatikan Detail Novel Yang Akan Diresensi

Tentunya Anda harus membaca novel yang akan Anda resensi terlebih dahulu. Sambil membaca Anda dapat memperhatikan detail dari novel tersebut secara terperinci. Misalnya jenis kertas yang digunakan, cover hingga apakah ada kesalahan cetak yang ditemukan. Anda juga dapat mencatat hal-hal penting dari novel. Misalnya, latar belakang novel, kutipan dialog yang menarik, quote dari penulis dan lain-lain.

4.Mulai Tuliskan Pendapat Anda

Cara membuat resensi novel berikutnya adalah dengan mulai menuliskan pendapat Anda mengenai novel tersebut setelah selesai membacanya. Berikan opini yang kritis dan lugas dengan disertai fakta-fakta pendukung. Jelaskan dengan singkat tentang kekuatan dan kelemahan novel tersebut yang akan menjadi daya tarik para pembaca. Sehingga resensi Anda tidak nampak monoton dan membosankan.

5.Tuliskan Isi Novel Dengan Ringkas Dan Padat

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, sekarang Anda perlu menuliskan isi novel dengan ringkas dan padat. Jangan sampai Anda spoiler dan membocorkan seluruh ceritanya. Buat pembaca resensi Anda penasaran sehingga resensi Anda pun tetap menarik untuk dibaca. Selain itu Anda juga dapat merumuskan tema novel, mengungkapkan kesan pada novel juga memaparkan ciri khas penulisnya.

Anda juga dapat memaparkan keunikan novel tersebut, dan menyebutkan karya serta prestasi dari penulis novel tersebut. Anda bahkan dapat memperkenalkan penerbit novelnya maupun membahas tinjauan bahasa yang digunakan dalam novel. Apakah berbelit-belit, apakah ceritanya runut atau bagaimana penggamabaran karakter dari setiap tokohnya, dan lain sebagainya.

6.Tambahkan Kesimpulan

Cara membuat resensi novel selanjutnya adalah dengan memberikan kesimpulan akhir. Anda dapat memberikan saran kepada para pembaca mengapa harus membaca novel yang  Anda resensi tersebut. Bisa jadi kesimpulan yang Anda tuliskan ini nantinya dapat mempengaruhi promosi novel tersebut. Oleh karena itu usahakan memberikan kesimpulan sebaik mungkin.

Nah, demikian tadi cara membuat resensi novel yang wajib Anda ketahui. Sekarang Anda dapat meresensi novel favorit dan mengirimkannya ke media massa baik cetak maupun media online. Bukan tidak mungkin Anda kan mendapatkan fee atau merchandise menarik jika resensi Anda berhasil menembus kurasi dan dimuat dalam media tersebut. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini