Tips Manajamen Waktu Untuk Produktivitas Mahasiswa

0
69
manajemen waktu

Manajemen Waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas terhadap waktu. Karena waktu merupakan sumber daya yang terbatas, oleh karena itu harus dikelola secara efisien dan efektif. Tujuan manajemen waktu adalah untuk mencapai target dalam waktu yang sudah ditetakan dengan begitu, waktu akan dimanfaatkan sebaik mungkin. 

Banyak mahasiswa mengisi waktu luangnya untuk sekedar mencari pengalaman mulai dari berorganisasi, berbisnis, hingga kerja part time. Beberapa mahasiswa juga memilih untuk mereka mengambil cuti selama satu semester demi mencari pengalaman yang banyak agar selama bekerja bisa fokus tanpa ada beban tugas kuliah.

Lantas, bagaimana jika kamu adalah orang yang terlahir dikeluarga yang memiliki pandangan ketat untuk tetap memprioritaskan pendidikan dibandingkan apapun? Ini dia tips yang tepat manajemen waktu kuliah sambil kerja.

Tentukan Pekerjaan apa Yang Akan Dipilih

Ini sangat mempengaruhi bagaimana performa kerja dan kuliahmu nanti. Sebaiknya kamu menentukan pekerjaan yang tidak memberatkan dirimu ketika harus dihadapkan dengan deadline tugas kuliah atau organisasi lainnya. Misalkan kamu memiliki jadwal kelas pagi dan siang dari hari senin sampai kamis , maka kamu bisa mengisi waktu sore harimu hingga malam untuk bekerja part time. Ingat ya jangan lupa jaga kesehatan.

Atur Waktu Antara kuliah dan Kerja

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika kamu memiliki jam kuliah usahakan ketika diberikan tugas oleh dosen langsung dikerjakan ya supaya tidak keteter dikemudian harinya. Kamu harus memanfaatkan waktu luangmu disaat kerja atau libur untuk mengerjakan tugas.

Membuat Jadwal Agar Tidak Lupa

Kamu bisa membuat jadwal harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan sebagai pengingat agar kamu tidak lupa dengan tugas dan tujuanmu. Sebaliknya membuat jadwal jangan terlalu padat agar kamu bisa memiliki waktu santai. Ingat jangan memaksakan dirimu terlalu berlebihan.

Setelah kalian membaca tips bagaimana manajemen waktu dengan baik, kalian dapat merasakan manfaat dari manajemen waktu itu sendiri. Manfaat mengatur itu sederhana. Manajemen waktu dapat menguntungkan anda dalam beberapa cara. Berikut manfaat manajemen waktu.

Waktu Untuk Berfikir

Jika kamu menggunakan teknik menajemen waktu yang efektif , kamu hanya perlu berfikir lebih banyak. Waktu untuk merencanakan, waktu untuk mengerjakan tugas dari dosen, dan waktu untuk menetapkan tujuan yang sangat penting.

Lebih Banyak Kebebasan Waktu

Mengelola waktu menggunakan teknik menajemen waktu yang efektif akan membantu kamu membebaskan lebih banyak waktu untuk melakukan lebih banyak hal yang paling penting bagi kamu. Ini bisa berupa lebih banyak waktu jauh dari pekerjaan untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman atau untuk mengejar hobi baru.

Mengurangi Penundaan

Ini salah satu manfaat yang terpengaruh bagi mahasiswa yang sambil bekerja. Kamu membuang banyak waktu untuk menunda-nunda dari pada mengambil tindakan. Ketika kamu lebih jelas dan lebih fokus pada tujuan dan prioritas terbesar kamu, menjadi lebih mudah untuk berhenti menunda-nunda.

Mengetahui cara mengatur waktu penting bagi setiap pemimpin , mahasiswa, dan manajer. Tanpa keterampilan manajemen waktu yang efektif, kamu dapat membuang waktu untuk aktivitas non produktif yang tidak memberikan hasil yang kamu inginkan.

Zulfa Putri Cahyani.
Universitas Pamulang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini