Pulau Kelingking, Pantai Pasir Putih Yang Menggoda

0
38
pulau kelingking

Pulau Kelingking adalah sebuah pulau yang terletak di salah satu bagian dari Pulau Nusa Penida-Barat. Pulau Kelingking merupakan satu di antara sekian banyak destinasi wisata Indonesia yang bahkan menjadi favorit banyak wisatawan dunia. Hal ini tidak mengherankan, sebab sajian pemandangan dan keindahan alam pantai ini memang sangat luar biasa indah.

Tidak hanya menyajikan pemandangan berupa kawasan pantai dengan pasir putihnya yang sangat menggoda, namun juga pemandangan berupa hamparan samudera luas bisa anda lihat di tempat ini, khususnya saat anda berada di area atas tebing pantai ini.

Hal lain yang juga menjadi daya tarik tersendiri pulau ini adalah sajian pemandangan Warna lautnya yang berwarna biru eksotik, deburan ombak besar dengan suaranya yang menderu-deru dan pecah di kejauhan di pantai, serta berbentuk areanya yang mirip dengan jari kelingking.

Sangat Tidak mengherankan apabila semua orang yang pernah berkunjung ke pantai ini pasti akan kembali lagi. Meskipun memiliki akses jalan yang masih tidak memadai, namun hal itu seolah tidak diperdulikan oleh para wisatawan local dan asing untuk datang ke Pulau yang disebut-sebut sekelas Bali ini.

Letak Lokasi Pulau Kelingking

Meski dengan keindahan yang sudah dikenal di kelas dunia, namun Nama pulau Kelingking masih sangat asing di telinga masyarakat Indonesia sendiri. Hingga saat ini, masih banyak masyarakat pecinta wisata dalam negeri yang bahkan belum mengetahui nama dan letak lokasi ini. Padahal, pulau ini menyimpan sejuta keindahan yang cukup memukau dan menakjubkan.

Sebenarnya Pantai Pulau Kelingking terletak masih  di kawasan daerah Pulau Bali, atau Lebih tepatnya terletak di Nusa-Penida Bali, sebuah pulau kecil yang terletak sangat dekat dengan pulau Bali. Pulau Kelingking beralamat di Dusun Karang-Dawa, Desa Bunga-Mekar, Kecamatan Nusa-Penida. Pantai Kelingking merupakan satu di antara sekian banyak tempat yang perlu Anda kunjungi saat anda berwisata ke pulau Bali.

Pulau Kelingking menghadirkan ragam keindahan pemandangan yang disebut banyak kalangan sebagai sebuah surga yang tersembunyi, serta masih sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Kawasan Nusa Penida merupakan satu di antara beberapa gugus pulau kecil dari wilayah Provinsi Bali. Nusa penida sendiri berada di bagian arah Tenggara dari Pulau Bali, yang secara adminstratif termasuk wilayah Kabupaten Klungkung provinsi Bali.

Rute Jalan Ke Pulau Kelingking

Rute jalan untuk datang ke Nusa Penida sebenarnya secara umum tidaklah begitu sulit. Anda hanya perlu menggunakan jasa kapal feri yang berangkat dari pelabuhan timur padang-bai, bisa juga dari pelabuhan-kusamba klungkung, ataupun dari Pantai Sanur.

Secara Normal, anda akan berlayar dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit, khususnya jika anda menyewa perahu mini boat. Untuk sekali penyebrangan, anda membutuhkan budget Rp.90.000.

Sebagai salah satu pulau yang Masuk ke dalam nominasi pantai terbaik-dunia, situs perjalanan terkenal TripAdvisor yang merilis dan melakukan Travelers’-Choice Awards-2019 menyebutkan bahwa Pantai kelingking menempati urutan ke-19, yang bahkan mengalahkan pulau Elafonissi-Beach Yunani dan juga Surfers-paradise Beach Australia.

Waktu Kunjungan Terbaik dan Harga Tiket

Jika Anda mempunyai rencana untuk berlibur ke pantai surga tersembunyi ini, maka waktu untuk berkunjung anda sebaiknya yaitu pada pagi hari Pkl.07.00. Hal ini Karena pada jam tersebut, suasana di pantai ini masih sangat sepi dari pengunjung, serta anda akan bisa menikmati kesunyian dan keindahan dari pemandangan pantai ini dengan tenang tanpa adanya banyak gangguan.

Di tempat wisata ini, pengunjung biasanya sudah sangat ramai jika anda datang pada jam di atas Pkl.07.00. Sebab, setiap harinya kunjungan para wisatawan ke tempat ini cukup padat. Khususnya pada musim liburan yang waktunya panjang. Untuk bisa masuk ke area pantai, anda akan dikenakan Harga tiket masuk sebesar 5.000, harga tersebut khusus untuk wisatawan lokal.

Persiapan dan Peralatan Khusus Pengunjung

Ada beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum anda berkunjung ke pulau kelingking, yaitu:

1) Sunblock; yaitu lotion untuk melindungi kulit anda dari panasnya sinar matahari laut.

2) Kondisi dan daya tahan Tubuh Fit; hindari berkunjung jika anda tidak dalam keadaan fit, sebab ada kemungkinan akan bertambah sakit jika terkena panasnya sinar matahari pantai yang sangat panas di tempat ini.

3) Botol Khusus Pribadi Mineral Water; Hal ini agar anda tidak kehausan selama aktivitas anda di pantai.

4) Topi pribadi dan Kacamata (Sun glass); topi akan menjaga kepala anda dari panasnya matahari. Adapun kacamata, ia akan menjaga mata anda dari silaunya sinar matahari di siang hari di pantai ini.

5) Masker; selain karena ini adalah masa pandemi, masker juga akan menjaga anda dari tebalnya abu dan debu  jalan selama menuju ke lokasi ini.

6) Camera;

Pada Umumnya, sangat banyak orang yang belum pernah berkunjungg ke pulau ini berpikir bahwa pantai ini pasti sama dengan pantai lainnya yang sajian wisatanya monoton, yaitu pasti tentang air laut  dan juga ombak. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan anda rasakan saat anda tiba di tempat wisata laut yang satu ini. Sebab, tempat wisata ini menawarkan berbagai pemandangan yang sangat menarik dan bahkan mungkin akan membuat Anda lupa pulang ke rumah anda.

Jenis Aktivitas dan Hiburan

Ada beberapa jenis hiburan dan aktivitas menyenangkan yang bisa anda lakukan selama berada di pantai ini, yaitu:

Pemandangan Pantai yang Terletak Tepat di Bawah Tebing

Jika anda selama ini hanya berkunjung dan menyaksikan pemandangan pantai di sebuah dataran pantai yang luas, maka anda akan merasakan hal yang sangat  Berbeda dengan pantai Kelingking. Sebab, di pulau ini anda akan liburan di sebuah pantai yang  terletak tepat di bawah sebuah tebing terjal. Meskipun terjal, namun ada fasilitas tangga ekstrim yang sudah disiapkan untuk memacu andrenalin anda untuk mencapai tepi pantainya.

Jika anda sangat suka dengan petualangan atau adventure dan juga dalam kondisi tubuh yang fit, maka anda bisa menggunakan tangga ekstrim yang tersedia untuk mencapai pantainya. Namun, jika anda tidak terbiasa dengan aktivitas ekstrim seperti ini, maka hal ini tidak disarankan untuk anda. Sebab, akan sangat beresiko dan berbahaya.

Pemandangan Batu Berbentuk Kepala Dinosaurus

Dia antara hal dan pemandangan yang menakjubkan yang akan bisa  anda temukan di Pantai Kelingking ini adalah sajian pemandangan susunan batu karang berbentuk seperti kepala seekor dinosaurus yang bernama T-Rex yang sangat unik dan terletak tepat di tengah hamparan samudra lepas.

Foto Berlatar Pemandangan Laut dan Samudra

Ditengah deburan ombak yang sangat besar diarea pantai dan sekitarnya yang menjadi pelengkap keindahan pemandangan. Anda bisa mengabadikan momen yang langka tersebut dengan potografi menggunakan smartphone anda.

Pantai Berbentuk Jari Kelingking

Sebagaimana namanya, pulau berpantai kecil ini berbentuk tidak biasa, hal ini karena pantai ini berbentuk menyerupai jari kelingking seorang manusia. Tidak hanya itu, bentuk gradasi lautnya yang menyajikan panorama sangat memukau juga akan menjadi pelengkap dan penyempurna keindahan panorama yang anda dapatkan di pantai ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini