Pantai Klayar Kekayaan yang Tersembunyi di Bumi Pacitan

0
21
Pantai Klayar Pacitan

Pada dasarnya pantai ini merupakan pantai yang baru saja dikenal di kalangan masyarakat. Karena belum cukup terkenal seperti obyek-obyek wisata yang lainnya, pastinya ekosistem serta keadaan alam yang dimiliki pantai klayar ini masih sangatlah asri. Jika anda berkunjung ke sana, anda akan menikmati indahnya hamparan pasir putih, desiran ombak, serta air laut yang masih sangat jernih.

Tak hanya jernih, air laut di pantai indah inipun berwarna biru muda atau kadang terlihat berwarna hijau toska. Anda bisa bermain air ditepi pantai, ataupun bermain di hamparan pasir putih yang luas. Namun, untuk para pengunjung yang hendak datang, disarankan untuk tidak berenang di pantai ini. Karena ombak di pantai ini terbilang sangat besar, dan pantai ini termasuk pantai yang memiliki dasar laut yang tidak merata.

Akan tetapi tidak perlu kecewa, karena anda juga dapat menikmati desiran ombak yang menggulung di beberapa batu karang yang akan membuat baju anda basah. Anda dapat berfoto-foto di area pantai ini. Pantai yang indah ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing yang cukup tinggi. Anda juga bisa mendaki pada tebing tersebut serta dapat menikmati keindahan alam pantai klayar dari atas tebing. Jika anda datang diwaktu yang tepat, anda juga akan dapat melihat keindahan saat matahari terbenam pada bibir pantai ataupun diatas tebing setinggi 50 meter tersebut.

Lokasi dan Rute Pantai Klayar

Hamparan pasir putih yang membentang luas dengan ombak-ombak berkejaran sejernih Kristal yang memecah di bibir pantai klayar, yang diapit oleh kedua bukit karang dibagian sisi kanan dan sisi kirinya. Anda bisa menaiki bukit karang yang berada di sebelah kanan serta menikmati pemandangan landscape dari Pantai Klayar yang indah ini dari sebuah gardu pandang yang tersedia.

Pantai Klayar ini terletak di daerah Pacitan, di sisi selatan (Jawa Timur) dan berbatasan dengan daerah Wonogiri (Jawa Tengah) tepatnya berada di (Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan) sekitar 40 km bergerak ke arah barat dari Kota Pacitan. Pantai Klayar ini menyimpan begitu banyak keindahan yang sangat unik dan juga menyimpan banyak misteri.

Adapun diantara keindahannya yaitu : pasir putih, karang raksasa (mirip Sphinx di Mesir), Air Mancur alami, seruling laut, Air terjun, dan batu karang yang indah. Lebih banyak dari turis-turis mancanegara yang mengenal Pantai Klayar ini dibandingkan wisatawan domestik, karena Pantai Klayar ini lebih banyak dikenal melalui internet dibandingkan melalui pemberitaan di media-media offline.

Ada 2 jalan alternatif  yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke objek wisata Pantai Klayar tersebut, yaitu melalui jalan dari arah  Jawa Timur dan jalan dari arah Yogyakarta  (Wonosari-Wonogiri). Kedua jalur ini hanya memakan waktu kisaran 3-4 jam saja, dan dapat Anda tempuh hanya dengan merental mobil selama 24 jam ataupun dengan membawa kendaraan pribadi.

Adapun perjalanan menuju ke objek wisata Pantai Klayar Pacitan ini bisa dikatakan lancar, karena sarana jalan yang sudah diaspal dengan baik. Namun, jika sudah berada di daerah Wonogiri menuju ke Pacitan, jalanannya akan mulai bervariasi apalagi jika Anda mengambil jalan pintas yang melalui jalan pedesaan, Anda akan melalui jalan bebatuan ataupun beraspal namun dalam kondisi yang berbolong.

Fasilitas Pantai Klayar

Selain dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, anda juga dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang ada disekitar pantai eksotis ini. Fasilitas di pantai inipun sudah cukup lengkap, seperti area parkiran yang sangat luas, ruang bilas, toilet umum, musholah dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Untuk anda yang merasa lapar ataupun haus, anda bisa mampir ke warung-warung makan dengan harga yang cukup murah. Warung makan ini menyediakan berbagai jenis kudapan (Khas Jawa Timur) seperti rawon, tahu petis, dan masih banyak lagi menu lainnya.

Walaupun fasilitasnya belum selengkap objek-objek wisata lainnya, akan tetapi minat para wisatawan asing yang datang terus meningkat disetiap bulannya.

Jam Operasional

Pantai indah ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai pukul 18.00 WIB. Oleh karena itu, anda bebas berkunjung ke pantai indah ini di hari apapun. Untuk anda yang akan datang ke pantai ini disarankan untuk datang di musim kemarau.

Jika anda datang di musim penghujan, maka anda tidak dapat menikmati keindahan pantai klayar ini secara utuh dikarenakan terhalang oleh hujan. Pantai ini mempunyai pemandangan yang sangatlah  indah yang bisa merefresh semua beban yang ada pikiran mengenai pekerjaan yang anda tanggung. Jadi tunggu apalagi? Yuk segeralah berkunjung ke destinasi wisata ini.

Harga Tiket Pantai Klayar

Jika anda ingin berkunjung ke Pantai Klayar, anda tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak. Karena harga tiket masuk Pantai Klayar ini adalah Rp10.000 berlaku untuk anak-anak, dan Rp15.000 berlaku untuk orang dewasa. Harga tiket tersebut telah diterapkan sejak 15 Februari 2021 “berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga”.

Harga tiket ini juga ditentukan berdasarkan “Keputusan Bupati Pacitan Nomor: 188.45/151/KPTS/408.12/2021 tentang Pencabutan Pengurangan Beberapa Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kabupaten Pacitan”.

Aktivitas Seru di Pantai Klayar

Selain dari keindahan pantainya, ada banyak aktivitas-aktivitas seru yang dapat anda lakukan di Pantai Klayar ini. Di sana ada tebing karang yang sangat indah dan menawan. Dari atas tebing ini, anda dapat melihat keseluruhan dari pemandangan pantai. Akan tetapi, sebaiknya harus berhati-hati, karena ombak yang besar pun sering mendadak datang dan juga sering memakan korban.

Selain itu, tersedia juga penyewaan ATV untuk bisa berkeliling pantai. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari harga Rp 25 ribu sekali (Pulang dan Pergi). Jika anda ingin lebih lama, anda bisa memilih/menyewa ATV selama sejam dengan harga Rp150 ribu. Maka dengan begitu wisata di Pantai Klayar akan menjadi lebih seru.

Agar lebih aman dan juga menyenangkan, berikut beberapa tips mengunjungi Pantai Klayar yang dapat anda terapkan, antara lain:

  • Hindari berkunjung disaat musim liburan, karena suasana pantai akan terlalu ramai.
  • Jagalah kebersihan disekitar pantai, agar pantai tetap terlihat bersih dan juga nyaman untuk dikunjungi.
  • Perhatikanlah tanda-tanda pembatas untuk area-area berbahaya, pastikan anda dan anak-anak tidak mendekatinya.
  • Pastikan anda mematuhi protokol kesehatan di mana pun anda berada.

Objek Wisata Dekat Pantai Klayar

Di sekitar Pantai Klayar ini juga anda dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata lainnya. Nah, adapun beberapa objek wisata tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Pantai Watu Karang, jaraknya hanya sekitar 3 km dari Pantai Klayar.
  • Pantai Kasap, jaraknya hanya sekitar 4,1 km dari Pantai Klayar.
  • Pantai Banyu Tibo, jaraknya hanya sekitar 4,2 km dari Pantai Klayar.
  • Pantai Buyutan, jaraknya hanya sekitar 4,2 km dari Pantai Klayar.
  • Pantai Srau, jaraknya hanya sekitar 6 km dari Pantai Klayar.
  • Gua Gong, jaraknya sekitar 7,6 km dari Pantai Klayar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini