Panorama Waduk Sermo Dari Dalam Tenda

0
37
waduk sermo

Waduk Sermo | Camping merupakan salah satu kegiatan wisata yang kembali menjadi tren belakangan ini. Dengan tenda dan sejumlah printilan-printilan lainnya, kegiatan yang satu ini bisa dilakukan. Bentang alam yang indah adalah pilihan ideal untuk dijadikan lokasinya.

Yogyakarta, yang termasuk sebagai daerah tujuan wisata, juga memiliki sejumlah tempat yang cocok untuk camping. Salah satunya adalah Waduk Sermo. Kendati demikian, panorama alam di lokasinya itulah yang membuat pengunjung tidak ragu untuk mendirikan tenda.

Waduk yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo ini memang dikenal memiliki keindahan alam yang membentang. Keindahan alamnya seakan memaksa para pengunjung yang datang untuk memperpanjang waktu kunjungannya.

Camping di Waduk Sermo

Memilih camping di Waduk Sermo memang menjadi pilihan yang ideal. Hal ini lantaran pesona dari tempat ini menyimpan keindahan yang tidak monoton. Selain itu, pengelola memang secara sengaja menyediakan camping ground di tepian waduk.

Areal waduk yang luas akan menambah keseruan para pengunjung yang datang. Ada hembusan hawa sejuk ketika berada di Waduk Sermo. Air waduk yang berwarna jernih kehijauan turut memberikan suasana yang khas.

Hamparan hijau di sekitar lokasi bertautan dengan langit biru yang membentang. Pantulan awan putih dan barisan pepohonan dapat terlihat dari genangan air waduk yang begitu luas.

Memperhatikan semua suguhan itu dari balik celah tenda tentunya akan sangat menarik. Untuk menikmati pengalaman tersebut, pengunjung akan dikenai biaya mulai Rp15-20 ribu per orang.

Sensasi Ber-glamping

Sejumlah lokasi campground yang dikelola oleh warga sekitar sudah tersebar di sekitar lokasi waduk. Beberapa di antaranya adalah Taman Munggur Waduk Sermo, Mengger Kemuning, Menara Pelangi, dan Panorama Setro.

Terdapat pula campground yang mengusung konsep glamour camping (glamping atau clamp-camp), yaitu aktivitas berkemah dengan konsep yang mewah. Baru resmi dibuka pada akhir 2020 lalu, glamping ground ini mengusung nama Sermo Glamour Camp dan berada persis di tepian waduk.

Berbeda hal dengan campground biasa, di Sermo Glamour Camp ini menawarkan pengalaman tersebut dengan harga mulai dari Rp50-700 ribu per malam. Rentang harga tersebut tergantung dengan jenis dan ukuran tenda; dan paket fasilitas yang pengunjung pilih.

Pagi Berkabut di Waduk Sermo

Pemandangan indah yang dibalut dengan kesejukan pagi dirasa menjadi ‘menu’ andalan. Bisa dibilang, suguhan inilah yang menjadi alasan mengapa camping di Waduk Sermo sebagai sesuatu aktivitas yang layak.

Berkemah dan bermalam adalah cara untuk berkesempatan menikmati suasana pagi di Sermo. Area waduk yang diselimuti kabut pagi akan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Pemandangan itu akan dilanjutkan lagi dengan suasana sunrise yang menampilkan gradasi warna dari cahaya silau kekuningannya. Mentari yang semakin menyembul keluar dari persembunyiannya seolah seperti sebuah tanda. Tanda bagi kepulan kabut untuk angkat kaki secara perlahan-lahan.

Berganti Peran

Namun, semua itu bukanlah tanda usainya keindahan waduk. Peran kabut akan digantikan oleh sepoinya tiupan angin yang akan menetralisir teriknya siang hari. Bahkan, lekuk panorama di tempat ini akan semakin terlihat jelas.

Semuanya itu belum semuanya, setidaknya masih ada hal lain lagi yang dimiliki tempat ini. Di sini, kita seolah akan diperlihatkan bagaimana alam bermain. Bermain dengan elemen-elemen alam yang bersama-sama, secara estafet, berganti-ganti peran.

Waduk Sermo tidak hanya tentang keseruan aktivitas piknik ataupun berkemah. Lebih dari itu, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan di tempat ini. Dan, itu semua bisa dijadikan sebagai aktivitas tambahan. Seperti ‘topping’ untuk mempercantik ‘menu utama’.

Wahana Menyenangkan

Camping alias berkemah bukanlah satunya-satunya kegiatan yang bisa pengunjung lakukan. Selain berburu foto, atau menikmati pemandangan dari tepian saja, pengunjung bisa berkeliling; mengapung langsung di atas permukaan air waduk.

Waduk sendiri menawarkan pengalaman tersebut kepada para pengunjung. Untuk mencobanya, pengunjung akan diajak menaiki perahu bambu yang disebut dengan Getek.

Kendati harus membayar harga sewa senilai Rp30 ribu per perahu, menaiki Getek sendiri dijamin akan menambah pengalaman kita di Waduk Sermo. Wahana lain yang bisa dipilih untuk menambah aktivitas camping di Waduk Sermo adalah memancing.

Ada penyewaan peralatan memancing yang siap melayani. Siapa tahu, ikan setan merah (red devil) yang konon masih hidup di waduk ini menyambut umpan ketika memancing?

Ikan itu sendiri merupakan ikan predator yang dikenal memiliki fase reproduksi yang terbilang cepat. Di tahun 2009 silam, ikan ini sempat populer di areal Waduk Sermo lantaran populasinya yang memuncak kala itu.

Sore Menenangkan

Terlepas dari adanya ikan setan merah, pemandangan di Waduk Sermo sendiri dikelilingi oleh areal Pegunungan Menoreh yang berada di sekitarnya. Pengunjung pun disarankan datang saat sore hari. Karena saat itu adalah saat-saat yang tidak kalah menenangkannya dengan suasana pagi di Waduk Sermo.

Kita bisa mulai mendirikan tenda dan menelusuri semua daya pikat tempat wisata yang satu ini sebelum bermalam. Sore hari juga merupakan waktu yang cocok untuk mengeksplor keindahan yang ada di areal waduk seluas 157 hektar ini.

Jangan lupa juga dengan panorama senja di tempat ini. Karena itu adalah sajian puncak di Waduk Sermo. Cahaya jingga akan mengantarkan sebuah tanda bahwa malam mulai bersiap mengawali perannya.

Kita juga bisa menikmati suasana tersebut lewat Gazebo Rumah Jamur di lokasi ini. Selain itu ada pula tempat menginap berupa villa sebagai alternatif selain bermalam dengan berkemah di kawasan Waduk Sermo.

Suasana malam mungkin akan menjadi saat-saat utama kita dalam aktivitas camping di Waduk Sermo. Namun, ada baiknya pengunjung sudah datang terlebih dahulu di sore hari. Karena jam operasional tempat ini dimulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Rute Menuju Lokasi

Lewat dari jam operasional tersebut, pengunjung tidak diperbolehkan masuk. Harga tiket masuknya sendiri sebesar Rp3 ribu untuk anak-anak, dan untuk orang dewasa Rp6 ribu per orang. Selain itu, kita juga diwajibkan membayar parkir senilai Rp2-10 ribu tergantung jenis kendaraan.

Aktivitas camping di Waduk Sermo juga tidak akan merepotkan. Pasalnya, fasilitas pendukung seperti toilet akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang memilih bermalam untuk menikmati sebuah panorama menawan dari balik tenda.

Objek Wisata Waduk Sermo sendiri berlokasi di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Jarak tempuhnya sekitar 40 km dari pusat Kota Yogyakarta. Rute tempuhnya pun cukup mudah, kita bisa melihat petunjuk jalan dari aplikasi Google Maps.

Apabila berangkat dari Titik 0 Km Yogyakarta misalnya, perjalanannya bisa diawali dengan melalui Jalan Wates. Dari sini, arahkan rute perjalanan ke arah Kota Wates, Ibu Kota Kabupaten Kulon Progo.

Kemudian melanjutkan rutenya dengan mengikuti petunjuk; melewati Jalan Pengasih, kemudian melewati Jalan Sentolo dan Jalan Pengasih Sermo sebelum sampai ke Jalan Lkr Sermo yang menjadi tempat areal Waduk berada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini