Mengenal Sekuritas dan Investasi

0
39
sekuritas investasi

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan perdagangan efek dari perusahaan publik, lembaga dan  profesi yang berkaitan dengan saham yang diterbitkannya. Dipasar modal disediakan berbagai alternatif bagi para investor yang tertarik menanamkan modal atau kekayaannya dengan berbagai alternatif, investasi seperti menabung di bank, membeli emas, asuransi, tanah dan bangunan dan lain sebagainya.

Undang – undang pasar modal No. 8 tahun 1995 tentang mendefinisikan pasar modal sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pasar modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan, ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang, pasar modal (capital market) juga merupakan  pasar untuk berbagai  instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat untang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya.

Pasar modal memiliki peran penting bagi perekonomian  suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu pertama sebagai sarana bagi pendanaan usaha, atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain, kedua pasar modal  menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen keuangan. Dengan demikian masyarakat dapat menempatkan dana yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik keuangan dan risiko masing-masing instrumen.

Untuk beberapa perusahaan besar biasanya sudah memiliki saham yang sudah dijual bebas ke para investor, untuk mendapatkan dana tambahan dan berbagai keuntungan, biasanya perusahaan – perusahaan yang sudah melakukan praktik ini, adalah perusahan yang sudah berpengalaman, diyakini produk dan popularitasnya, karena para investor pun akan melihat rekam jejak perusahaan, para investor tidak akan membeli saham kepada perusahaan yang memiliki rekam jejak yang memiliki reputasi jelek, tetapi perusahaan yang memiliki raport baik maka akan dikejar para investor untuk menanamkan dananya.

Untung ruginya investor sangat bergantung pada kualitas kinerja perusahaan. Sebagaimana yang dikatakan para analisis investasi, harga pasar dan potensi pertumbuhan dari saham biasa, sangat tergantung pada kinerja perusahaan secara keseluruhan dalam mencapai sasaran bisnisnya.

Menurut Nickels dkk,, bahwa ada beberapa jenis dari investor yang membeli saham yaitu :

Investor saham sering kali di sebut bull atau bear, sesuai dengan persepsi mereka terhadap pasar bull adalah investor yang percaya bahwa harga saham akan meningkat: mereka membeli saham dalam mengantisipasi peningkatan tersebut. Saat harga saham secara keseluruhan meningkat, pasar tersebut di sebut pasar bull, bear adalah investor yang mengharapkan harga saham akan turun . bear menjual saham mereka dalam mengantisipasi penurunan harga. Saat harga saham menurun stabil. Pasar tersebut dinamakan pasar bear

Obligasi (bond) adalah sertifkat perusahaan yang menandakan bahwa seseorang telah meminjamkan uang ke perusahaan. Dan suatu perusahaan yang menerbitkan obligasi memiliki kewajiban legal untuk melakukan pembayaran bunga reguler kepada investor, dan melunasi seluruh jumlah nominal obligasi pada waktu yang ditentukan.

Penulis : Syifa Aulia Asykuri (Mahasiswi Universitas Pamulang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini