Mengenal Cappadocia Wisata Daerah Kuno di Turki

0
14
menganal cappadocia wisat daerah kuno di turki

Baru- baru ini kita seperti didendangkan dengan Cappadocia, sebuah tempat yang menjadi impian Kinan dalam serial Layangan Putus. Menarik sekali, Cappadocia merupakan tempat wisata kuno di Turki yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan saat ini berbagai situs sejarah dan pemandangan yang indah tersimpan disini.

Wilayah ini terletak di Turki tengah selatan atau tenggara Ankara. Dan berada di dataran tinggi utara Pegunungan Taurus. Dikutip dari situs wisata go turkiye, geologis Cappadocia yang unik ini membuat wilayah ini disebut dengan cerobong peri.

Di bawah permukaan cerobong peri terdapat kota yang disebut sebagai kota bawah tanah. Kota bawah tanah tersebut menjadi sebuah pemukiman karena jaringan terowongan yang saling terhubung satu sama lainnya. Kota bawah tanah tersebut menjadi tempat berlindung bagi orang  Kristen dari Romawi dengan 200 gereja yang memiliki sejarahnya masing- masing yang besar.

Cappadocia juga memiliki museum terbuka yang diberi nama Goreme, disana terdapat beberapa komplek keagamaan yang terenal dan terdaftar di Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 1985.

Museum ini juga merupakan museum pertama di Turki. Dan sekaligus menjadi perhatian pertama bagi pengunjung yang hendak mendatangi tempat ini. Arsitektur bangunannya yang unik dengan pahatan dan lukisan dinding yang indah.

Cappadocia sendiri berasal dari kata “Katoatuka” dari Persia yang berarti kuda yang indah. Karena pada masa tersebut, kuda adalah merupakan hadiah atau upeti yang dipersembahkan kepada raja- raja Asyur dan Persia Kuno.

Cappadocia sendiri terkenal dengan hamparan batuan vulkanik yang lunak terbentuk oleh erosi gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Batuan yang terbentuk itu menjadi beragam bentuk yang unik menyerupai menara, kerucut, lembah dan gua. Bahkan batuan tersebut memiliki tinggi 45 m, masya Allah indahnya Ciptaan Allah.

Yang menarik lagi dengan keunikan yang disuguhkan itu adalah hamparan balon udara yang membuat keindahan Cappadocia menjadi lengkap. Langit Cappadocia menjadi terlihat sangat cantik dan indah dengan adanya balon-balon udara yang terbang menghiasi langit.

Balon udara menjadi ikon yang tidak boleh tertinggalkan lagi bagi setiap pengunjung. Untuk dinaiki dan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan saat mendatangi Cappadocia. Maka tidak mencengangkan lagi jika Cappadocia menjadi salah satu wisata berkelas dunia yang berada di Turki. 

Keindahan Alam Dinikmati Dan Dipelihara Akan Menimbulkan Berjuta Keindahan Yang Dapat Diwariskan

Cintai Dan Lindungi Alam Ciptaan Tuhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini