Kesenian Tradisional Indonesia

0
87
Kesenian Tradisonal Indonesia

Kesenian Tradisional Indonesia | Indonesia merupakan sebuah negeri yang sangat kaya dengan berbagai bentuk budaya warisan dari para leluhur, salah satunya yang paling terkenal adalah budaya pementasan seni tradisional untuk hiburan.

Seiring perkembangan zaman dan berjalannya waktu, sekarang ini lebih mudah bagi masyarakat untuk menyaksikan hiburan modern dibandingkan dengan budaya bangsa sendiri,

Oleh Karenanya, sudah banyak sekali pementasan seni tradisional yang merupakan kesenian asli Indonesia mulai menghilang ditelan waktu, karena masyarakat sudah lebih memilih dan menikmati berbagai bentuk hiburan modern yang ada.

Berikut ini akan dibahas mengenai Kesenian Tradisional Indonesia yang mulai kurang dimininati dan bahkan sudah sangat asing bagi masyarakat karena sudah tergantikan dengan media-media hiburan modern, yaitu:

Pentas Tayub

tradisi tayub - kesenian tradisional indonesia

Pentas Tayub adalah sebuah pertunjukan kesenian yang biasanya digelar berkeliling desa di berbagai daerah Pulau Jawa. Pentas Tayub terdiri dari sekelompok penari yang akan menari dengan iringingan gamelan. Satu kelompok penari dalam pentas ini terdiri atas 3 orang penari dan 4 hinga 5 orang pemain gamelan.

Sebagian orang juga menyebut kesenian Pentas Tayub dengan sebutan rombongan ledek, hal ini karena kelompok seni ini tidak berkeliling untuk pentas setiap harinya, melainkan hanya saat tertentu yang bergantung pada waktu dan penanggalan Jawa, atau seringkali juga mereka lakukan pentas saat desa yang akan menjadi tempat pentas sedang panen.

Uniknya, Rombongan kesenian Pentas Tayub selalu tampil pada tempat-tempat yang dianggap keramat di wilayah desa yang sedang mereka kunjungi. Pada saat melakukan penampilan pentas, ibu-ibu warga setempat yang datang menonton pentas sambil membawa anak biasanya akan mendoakan terlebih dahulu anak mereka dengan doa tertentu untuk mencegah terjadinya bencana atau sawan.

Wayang Orang

wayang orang - kesenian tradisional indonesia

Kesenian Wayang Orang yang juga dikenal dengan sebutan Wayang Wong merupakan kesenian wayang dengan tokohnya yang langsung diperankan oleh manusia. Seni Wayang Orang pertama kali diciptakan oleh Raja Sultan Hamangkurat I, yaitu sekitar tahun 1731.

Pada umumnya, kelompok kesenian Wayang Orang mengadakan pertunjukan dengan berkeliling desa. Kesenian Wayang Orang seringkali juga dimanfaatkan sebagai gambaran situasi politik suatu daerah. Saat ini, kesenian Wayang Orang seringkali dipentaskan ketika diadakannya festival tradisional.

Penari Keliling

Penari keliling adalah sebuah pementasan seni tari local yang dilakukan dengan berkeliling ke berbagai tempat dan desa. Kesenian ini banyak dilakukan oleh para penggiat seni zaman dahulu, khususnya saat Belanda masih menjajah Indonesia.

Kuda Lumping

kuda lumping - kesenian tradisional indonesia

Seni Kuda Lumping yang juga dikenal dengan nama Jaran Kepang atau juga Jathilan adalah sebuah kesenian tari tradisional suku Jawa dan biasanya dilakukan oleh sekelompok orang sebagai pasukan berkuda.

Bentuk Kuda pada tarian ini terbuat dari bambu anyam yang diberi lukisan dan corak bentuk kuda. Kuda lumping merupakan seni tradisional yang masih banyak dijumpai hingga saat ini, jika dibanding dengan berbagai bentuk kesenian tradisional lainnya.

Kentrung

Kesenian Kentrung merupakan sebuah pementasan seni yang berasal dari daerah Pantai Utara Jawa. Pementasan seni ini dapat anda temukan di wilayah Semarang, wilayah Pati, daerah Jepara, wilayah Blora, dan daerah Tuban.

Tari Kecak

tari kecak bali - kesenian tradisional indonesia

Seni tari kecak adalah seni Tarian khas daerah Bali, tari ini sudah tersohor sampai ke seantero dunia Internasional. Tari kecak merupakan sebuah destinasi wisata ritual rohani sekaligus budaya di wilayah Pulau Dewata. Tari Kecak pada awal munculnya merupakan sebuah ritual kuno suku Bali yang juga disebut dengan ritual Sanghyang, yaitu sebuah ritual yang bertujuan untuk mengusir kehadiran roh jahat.

Saat ini, kesenian Tari Kecak tidak lagi hanya untuk ritual adat dan agama, namun juga sudah menjadi bagian dari seni pertunjukan tradisional yang sangat mirip dengan drama musikal. Tari Kecak mengandung cerita tokoh pewayangan yang sangat terkenal, yaitu Ramayana.

Tari Barong

tari barong - kesenian tradisional indonesia

Kesenian Tari Barong adalah salah satu seni tari dari Bali yang juga membuat dunia terpukau. Bahkan, acara pementasan Tari Barong yang digelar di daerah Gianyar Bali telah menjadi penarik wisatawan dari mancanegara sejak tahun 1930.

Pada Tarian ini, ditampilkan dua penari lincah yang bergerak sangat kompak. Dalam kepercayaan masyarakat Bali, tarian ini menampilkan tokoh Barong dengan wujud singa yang merupakan Raja Roh sekaligus sebagai malaikat pelindung. Di sisi lain, ada tokoh Rangda sebagai Ratu Iblis yang juga merupakan lawan utama dari tokoh Barong.

Pertunjukan Ramayana

Kesenian Ramayana merupakan sebuah pentas kesenian di Yogyakarta yang digelar di candi Prambanan. Kesenian berbentuk Sendratari Ramayana ini dipentaskan dengan tidak kurang dari 200 penari, yang disokong juga oleh pemain gamelan tradisional.

Sangat Berbeda dengan pertunjukan seni lainnya, kesenian Sendratari Ramayana ini berbentuk pertunjukan tarian drama tanpa dialog. Hebatnya, Sendratari Ramayana ini telah berhasil memukau Raja dan juga Ratu Belanda, saat berkunjung ke Indonesia tahun 2020 silam.

Pencak Silat

Seni Pencak Silat adalah kesenian bela diri tradisional Indonesia yang juga merupakan warisan penting budaya klasik Indonesia. Saat ini, seni Pencak Silat sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia yang tidak berwujud. Pencapaian ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengenalkan kesenian Indonesia pada bidang bela diri ke dunia internasional.

Angklung

bermain alat musik angklung

Angklung merupakan sebuat alat musik tradisional dari Jawa Barat yang juga menjadi salah satu seni pertunjukan kebudayaan tradisional Indonesia yang membuat dunia Internasional terpukau. Pada tahun 2010, angklung masuk secara resmi ke dalam daftar warisan budaya dunia dari Indonesia oleh UNESCO.

Salah satu sanggar kesenian angklung yang sangat terkenal di Bandung adalah Saung Angklung Mang Udjo. Sanggar seni ini bahkan telah menjadi salah satu pusat penyebaran keindahan nada harmoni angklung ke berbagai belahan dunia.  

Reog Ponorogo

reog ponorogo - kesenian tradisional indonesia

Kesenian Reog merupakan produk seni budaya yang menjadi ikon kota Ponorogo, provinsi Jawa Timur. Ciri khas dan juga hal yang sangat unik dari Reog Ponorogo terletak pada kostumnya dengan berat bahkan hingga 50 kg.

Hal hebat lainnya yaitu bahwa pemain Reog menggunakan gigi untuk mengangkat kostum yang sangat berat tersebut. Ada Beberapa negara yang menyatakan kekagumannya dengan pertunjukan dari Reog Ponorogo ini, di antaranya yaitu Amerika Serikat, Filipina, Malaysia, Korea, Spanyol, dan juga Inggris.

Gamelan

Kesenian tradisional Indonesia selalu tidak lepas dari tari dan juga alat musik klasik tradisionalnya. Di antaranya yaitu gamelan dari Jawa Tengah. Gamelan selalu digunakan hampir di semua upacara adat Jawa untuk mengiringi tarian dan juga wayang. Ada sangat banyak wisatawan luar negeri yang sangat tertarik untuk belajar gamelan. Misalnya Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan juga Kanada.

Tari Saman

tari saman aceh - kesenian tradisional indonesia
Tari Saman – sumber gambar: kemdikbud.go.id

Salah satu produk kesenian tradisional dari Aceh yang sangat memukau baik di Indonesia maupun dunia adalah tari saman. Keunikan Tari Saman adalah ia tidak diiringi dengan alat musik apapun sama sekali.

Seni tari ini hanya mengandalkan irama gerakan dan tepuk tangan, irama menjentikkan jari, srta goyangan badan dan juga kepala. Tidak hanya itu, semua gerakan dalam tari Saman ini mengandung berbagai nilai filosofi yang berkaitan dengan alam, penjagaan lingkungan, dan juga kehidupan social masyarakat Gayo sebagai suku asli Aceh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini