Kenapa Harus Memilih Hosting Lokal Indonesia daripada Hosting Luar Negeri?

0
11
web hosting indonesia

Apakah Anda sedang berniat membeli web hosting namun masih ragu karena tidak tahu harus memilih hosting indonesia atau hosting luar negeri? Itu artinya Anda sedang berada di artikel yang tepat.

Memang benar, sebelum membeli hosting, Anda harus mengetahui dulu kualitas dari hosting yang akan dibeli agar cocok digunakan pada website Anda. hal tersebut termasuk bagaimana Anda benar-benar memahami terkait hosting lokal Indonesia dengan hosting luar negeri. Saat Anda hendak memilih hosting, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah lokasi hosting yang akan Anda gunakan.

Beberapa orang menanyakan mana yang lebih baik digunakan, apakah hosting Indonesia atau hosting luar negeri. Berikut ini akan disampaikan beberapa hal terkait pertanyaan tersebut. Yuk simak ulasannya.

Alasan Memilih Hosting Lokal Indonesia daripada Hosting Luar Negeri

Ada beberapa alasan kenapa akhirnya para pembuat situs memilih menggunakan hosting Indonesia, di antaranya,

Metode Pembayaran yang Lebih Mudah

Metode pembayaran ini jika dilihat memang terlihat sepele ya. Namun untuk sebagian besar orang, metode pembayaran ini menjadi hal cukup penting untuk diperhatikan. Dari segi metode pembayaran, membeli hosting lokal di Indonesia tentu cenderung lebih mudah daripada hosting yang berada di luar negeri. Hal ini karena Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan bank-bank lokal via ATM/m-banking, dompet digital, hingga melalui layanan pembayaran di Indomaret terdekat.

Hal ini tentu tidak akan berlaku jika Anda membeli hosting luar negeri. Bagi orang yang sudah sering melakukan pembayaran antarnegara mungkin akan mudah, namun ingat bahwa masih banyak pula orang awam yang akan merasa kesulitan jika harus melakukan pembayaran antarnegara, seperti menggunakan PayPal misalnya.

Kecepatan Akses

Alasan ini tentu menjadi alasan yang paling banyak dicari para pembuat website. Hampir semua orang yang memiliki website menginginkan websitenya dapat diakses dengan cepat oleh pengunjungnya. Faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan ini salah satunya adalah terkait jauh atau dekatnya server. Semakin jauh lokasi server, tentu akan semakin lambat juga website Anda diakses oleh pengunjung. Hal ini tentu berbeda jika Anda menggunakan hosting dengan server yang berada di Indonesia. Karena jaraknya yang dekat dengan lokasi Anda, maka kecepatan aksesnya pun akan lebih cepat.

Bisa Mengunjungi Kantor Penyedia Hosting secara Langsung

Beberapa pelanggan atau pembeli mungkin kurang percaya jika tidak langsung mengunjungi tempat atau toko yang menjual barang yang mereka cari. Hal ini sama dengan saat Anda ingin membeli hosting. Meski bisa dilakukan secara online, namun jika Anda masih ragu dan ingin berkonsultasi, maka Anda bisa mengunjungi secara langsung kantor penyedia layanan hosting tersebut. Hal ini tentu tidak bisa Anda lakukan jika penyedia hosting berada di luar negeri.

Selain itu pada saat terjadi kendala dan customer service atau pihak yang bertanggung jawab sedang tidak bisa dihubungi, maka Anda bisa langsung mengunjungi kantornya untuk mengajukan komplain. Bahkan biasanya, komplain langsung ke kantor yang bersangkutan akan lebih cepat ditangani.

Satu Bahasa dengan Customer Service

Anda pasti tidak berharap website Anda mengalami kendala, namun tentu hal tersebut mustahil terjadi. Di saat terjadi masalah pada website Anda, tentu Anda akan menghubungi pihak customer service selaku pihak yang akan membantu menangani keluhan Anda. Jika Anda menggunakan hosting lokal Indonesia, komunikasi antara Anda dan customer service akan lebih mudah terjalin. Hal ini berbeda cerita jika Anda menggunakan layanan hosting luar negeri. Selain kendala bahasa yang berbeda, perbedaan zona waktu juga perlu diperhatikan. Oleh karena hal-hal seperti ini juga perlu menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli hosting.

Harga Lebih Murah

Alasan selanjutnya yang pasti menjadi perhatian penting bagi Anda yang akan membeli hosting adalah masalah harga. Pembelian hosting lokal Indonesia cenderung lebih murah dibanding dengan hosting luar negeri. Hal ini karena biasanya harga dollar tidak stabil nilai tukarnya dengan rupiah, sehingga harga hosting luar negeri jatuhnya bisa lebih mahal daripada harga biasanya.

Masalah ini tentu tidak akan terjadi pada hosting lokal, dan akhirnya harga hosting lokal bisa lebih murah daripada hosting luar. Terlebih lagi, banyak penyedia layanan hosting yang menawarkan promo hosting dan domain berkualitas, seperti yang dilakukan jetorbit.

Demikian adalah beberapa alasan terkait mengapa Anda harus memilih untuk membeli hosting lokal Indonesia daripada hosting luar negeri. Meski begitu, pilihan untuk menggunakan hosting indonesia atau hosting luar negeri tetap ada di tangan Anda. Pilihlah layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda memilih hosting indonesia, Anda bisa menggunakan layanan hosting milik Jetorbit. Dengan fitur-fitur yang menarik, harga terjangkau tapi tetap berkualitas baik, Anda bisa membuat website ataupun bisnis Anda berjalan dengan lebih maksimal. Atau Adan sudah menggunakan layanan hosting di tempat lain dan ingin pindah ke Jetorbit? Mudah, baca caranya di langkah migrasi hosting dan domain. Jadi, tunggu apalagi?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini