Jasa Pelayanan Rehabilitasi Narkoba di Indonesia

0
30
jasa pelayanan rehabilitasi narkoba

Penyalahgunaan narkoba kian melonjak yang membuatnya menjadi persoalan dunia yang mesti cepat diatasi. Pengguna narkotika adalah korban dimana ketentuannya mereka dikenai vonis rehabilitasi. Rehabilitasi dilakukan di lembaga milik pemerintah maupun masyarakat dengan standar yang baku. Badan Narkotikan Nasional (BNN) mengemban kewajiban memperkuat kapabilitas institusi rehabilitasi narkoba yang ada.

Rehabilitasi narkoba merupakan metode dalam menyehatkan pecandu supaya terlepas dari pengaruh narkotika. Tentu saja tahapan rehabilitasi tersebut membutuhkan waktu yang tak singkat. Apalagi bila korban itu kecanduan dalam rentang waktu yang lama. Apabila telah kecanduan narkoba, dapat diketahui gelagatnya yaitu ingin terus menggunakan narkoba tiap hari dan juga selalu meningkatkan dosis penggunaan.

Karenanya sudah semestinya setiap warganegara bersatu untuk mencegah agar jangan sampai keluarga atau kerabat terjerumus dalam jurang narkoba. Berikut pilihan Jasa pelayanan rehabilitasi narkoba di Indonesia :

RSKO (Rumah Sakit Ketergantungan Obat)

Rumah sakit ini adalah tempat khusus layanan untuk orang yang terperosok menjadi pengguna narkoba. Fasilitas kesehatan ini adalah Unit Pelayanan Teknis di bawah Kementerian Kesehatan RI. RSKO berada di daerah Cibubur yaitu Jalan Lapangan Tembak nomor 75 Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

RSKO menyediakan pelayanan kesehatan bagi para penyalahguna narkoba. Di sana para pasien akan mendapatkan terapi Metadon (opiate sintetik berwujud cair) yang disiapkan untuk pasien ketergantungan opiate yang diberikan tiap hari di depan petugas. Fasilitas andalan RSKO ini yaitu Klinik Dual Diagnosis dan Laboratorium Skrining dan Konfirmasi Narkoba. Pasien rawat inap dibebankan tarif Rp 2 juta hingga Rp 3 juta / bulan. Untuk obat-obatan masih harus membayar lagi. Dapat pula pasien menggunakan asuransi kesehatan Jamkesda.

Balai Besar Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (Babesrehab BNN)

Layanan rehabilitasi di Babesrehab BNN untuk para pecandu narkoba menerapkan sistem one stop center yang meliputi layanan rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. Tempat rehabilitasi ini punya struktur organisasi yang dikepalai Kepala Babesrehab BNN. Untuk layanan rehabilitasi sosial dengan teknik Therapeutic Community (TC) yang memiliki kapasitas hingga 500 peserta dengan waktu selama 6 bulan. Babesrehab BNN ini milik negara dan para peserta yang direhabilitasi di dalamnya tak dikenakan biaya sampai 6 bulan tersebut.

Pecandu narkoba tak akan mengalami kesulitan bila ingin mendaftar untuk dirawat. Calon peserta wajib didampingi orang tua atau wali. Selanjutnya dilakukan assesment. Jika ia terakhir ‘menggunakan narkoba’ dalam satu tahun terakhir maka biasanya dapat dilakukan rehabilitasi. Untuk persyaratan administrasi juga simpel cukup menyerahkan fotokopi KTP, kartu keluarga, ditambah foto calon peserta. Kemudian dievaluasi untuk memutuskan waktu yang dibutuhkan untuk rehabilitasi.

Panti Rehabilitasi Narkoba Swasta

Semakin banyaknya para pengguna korban narkoba di Indonesia membuat pemerintah pun kewalahan dalam menanganinya. Karena itu pemerintah pun menerbitkan aturan mengenai IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor) dengan keluarnya PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA No. 4 TAHUN 2020. Pemerintah menentukan pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit maupun lembaga rehabilitasi medis bisa bertindak sebagai IPWL untuk menjalankan rehabilitasi medis kepada para pecandu narkoba.

Ashefa Griya Pusaka yang berada di Jakarta boleh menjadi salah satu lembaga IPWL. Biaya rehabilitasi narkoba di Ashefa Griya Pusaka secara umum masih cukup terjangkau. Fasilitas yang diberikan pun sudah memenuhi standar nasional program rehabilitasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial dan BNN. Panti rehabilitasi narkoba milik swasta pun bisa berujud pesantren atau lembaga rehab kristiani. Beberapa pondok pesantren rehabilitasi narkoba yang ada misalnya : Pondok Rehabilitasi Quranic Healing Indonesia (PRQHI) dan Pesantren Nurul Ichsan Al-Islami. Kemudian untuk panti rehabilitasi narkoba kristiani seperti : Rumah Damai, Panti Rehab dan Yayasan Kasih Mulia.

Pusat rehabilitasi narkoba https://ashefagriyapusaka.co.id/

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini