Ingin Agar Usaha Warung Angkringan Sukses? Yuk Coba Tips Berikut Ini

0
149
angkringan

Keberadaan usaha warung angkringan belakangan ini sudah mulai menjamur di berbagai daerah. Tidak hanya menawarkan pilihan menu sederhana saja, namun angkringan juga dikenal menawarkan pilihan makanan dengan harga murah.

Menurut wikipedia sendiri, Angkringan (berasal dari bahasa Jawa angkring ꦲꦁꦏꦿꦁ yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikulannya berbentuk melengkung ke atas) adalah sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Di Solo maupun Klaten angkringan dikenal sebagai warung hik (“hidangan istimewa a la kampung”) atau wedangan.

Gerobag angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Beroperasi mulai sore hingga dini hari, ia mengandalkan penerangan tradisional yaitu senthir (Ind: lentera, penerangan sangat sederhana tanpa kaca semprong dibanding dengan lampu tempel atau teplok yang terdiri dari botol biasanya berukuran pendek lengkap dengan sumbu dan minyak tanah atau minyak kelentik sebagai bahan bakarnya), dan juga dibantu oleh terangnya lampu jalan.

Nah, untuk anda yang tertarik menjalankan usaha yang satu ini, yuk ketahui beberapa tipsnya berikut ini.

Lokasi yang Tepat

Nah, berbeda dengan toko, kios, maupun jenis usaha lainnya, tentu saja angkringan akan membutuhkan tempat yang strategis untuk berjualan. Mengapa? Sudah jelas hal ini bertujuan agar bisa mendatangkan banyak pelanggan. Tentunya lokasi yang ideal dalam menjalankan usaha ini yaitu di jalan yang memang banyak dilalui oleh orang-orang. Walaupun begitu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan aspek keamanannya, ya! Karena warung angkringan pada umumnya mulai buka ketika hari sudah gelap. 

Tempat yang Nyaman

Untuk anda yang ingin agar usaha angkringan bisa didatangi oleh banyak orang, maka jangan lupa untuk menciptakan tempat angkringan yang nyaman, ya! Namun gimana sih cara menciptakan warung angkringan yang nyaman bagi pelanggan?

Tentunya kamu hanya perlu mencari lokasi yang strategis dan memiliki space yang luas, lau tinggal diberi alas deh untuk lesehan. Gimana, mudah kan? Untuk sebagian orang, tentunya makan dengan lesehan merupakan cara terbaik dalam menyantap hidangan. 

Tetapi anda harus tetap menjaganya supaya tetap bersih dan tertata dengan baik, terutama ketika pelanggan baru selesai makan.

Menu Pilihan

Ketika memulai usaha angkringan, maka hal ini berarti anda diharuskan agar berpikir kreatif. Anda harus memikirkan gimana caranya supaya pelanggan bisa tetap datang dan bisa memilih angkringan anda. Salah satunya adalah dari pilihan menu yang anda tawarkan. Dengan menawarkan menu berbeda dari angkringan yang lain, maka bukan tidak mungkin bisnis angkringan anda ramai dikunjungi oleh orang-orang.

Selain itu, tidak ada salahnya juga jika anda tetap bisa menjual pilihan menu pada umumnya yang memang banyak dijumpai di angkringan lain. Sehingga pengunjung tetap mempunyai banyak pilihan menu yang bisa dipilih.

Fasilitas pada Angkringan

Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar usaha angkringan anda bisa ramai pembeli. Ya, salah satunya yaitu dengan memasang WiFi. Jika sudah begini, bukan tidak mungkin konsumen akan berbondong-bondong memesan makanan pada angkringan anda. Tidak perlu khawatir ketika konsumen berlama-lama di angkringan. Karena bukan tidak mungkin mereka akan memesan makanan dengan porsi tidak biasa agar dapat menemani waktunya dalam menggunakan jaringan Wi-Fi.

Selain itu, anda juga bisa menyediakan televisi. Walaupun terlihat sepele, tentunya angkringan anda dapat seketika dipenuhi oleh banyak orang ketika terdapat siaran pertandingan olahraga kesukaan konsumen. 

Bagaimana sudah tahu kan berbagai tips menjalankan usaha warung angkringan? Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini