Diare? Berikut adalah Obat Pertolongan Pertamanya

0
23
diare

Diare seringkali datang diwaktu yang menjengkelkan. Sedang asyik-asyiknya bertamu ke rumah kerabat, atau ketika sedang bepergian dengan sahabat-sahabat dekat. Eh tiba-tiba penyakit itu dayang membuat perut menjadi mual. Rasanya sebentar-sebentar ingin ke air, buang air besar.

Tetapi setelah dikeluarkan pun diare tidak akan hilang. Rasanya Hasrat ingin buang air besar itu tidak bisa dibendung sebelum diobati dengan betul. Untuk itulah kamu haru mengkonsumsi obat khusus diare supaya ketidaknyamanan tersebut segera hilang.

Tanpa Panjang lebar lagi, berikut adalah obat alami yang bisa kamu konsumsi ketika Diare datang menyerang

Pisang

Buah yang sering ada di sudut-sudut kampung, mengingat mudah untuk ditanam ini ternyata salah satu buah yang cocok dijadikan obat diare termanjur. Kandungan kalium yang ada pada setiap daging pisang ini akan membantu mengembalikan elektrolit yang hilang.

Kandungan Pektin yang ada pada pada pisang juga sangat berkhasiat menyerap cairan pada usus. Jadi kotoran yang dikeluarkan ketika itu tidak akan berair (diare kan kotorannya berari)

Oralit buatan

Obat ampuh mengatasi sakit perut selanjutnya adalah oralit yang dibuat pribadi. Kamu bisa meraciknya di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Diperlukan gula pasir, gara, dan air untuk meracik oralit buatan.

Siapkan wadah yang sudah berisi satu liter air, lalu masukkan setengah sendok teh garam, disusul dengan setengah sendok teh gula pasir. Aduk hingga merata. Untuk menghilangkan Hasrat ingin buang air besar karena penyakit itu, minum oralit buatan ini setiap 6 jam sekali.

Kandungan elektrolit yang ada pada gula dan garam bisa menghilangkan elektrolit yang hilang

Jahe

Kandungan Sifat anti radang yang terdapat pada jahe  bisa kamu manfaatkan untuk mengusir nyeri yang disebabkan karena diare. Anti radang pada jahe bertugas menenangkan perut yang sakit karena datang virus penyakit tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat irisan jahe, lalu merebusnya dengan setengah liter air. Setelah mendidih, hidangkan pada gelas dan minum ketika hangat.

Kentang

Tidak berbeda dengan buah pisang. Kentang memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk perut. Kandungan ini bisa menenangkan perut ketika sedang diserang penyakit sering buang air besar. Kukus kentang setelah dikupas dan dibersihkan, setelah lunak, hidangkan dengan mentega atau margarin sesuai selera

Yogurt

Salah satu asupan makanan yang mengandung prebiotic atau bakteri baik yang tinggi adalah yogurt. Makanan yang berasal dari permentasi susu ini bisa jadi obat manjur untuk meredakan dan menghilangkan rasa tidak enak di perut. Prebiotic sangat bagus untuk membersihkan usus, melancarkan pencernaan dari gangguan. Yogurt akan memproduksi bakteri baik untuk menghadang setiap virus buruk yang datang

Wortel

Sayuran yang kaya akan vitamin A, baik untuk perkembangan mata dan penglihatan pada manusia. Selain keunggulan tersebut, wortel juga mengandung zat pektin yang sangat manjur untuk mencegah dan meredakan sakit di perut. Menghindari feses cair yang dikeluarkan dengan mengubahnya menjadi lebih padat.

Kamu bisa membuat wortel menjadi bubuk dengan cara memblendernya hingga halus, tambahkan sedikit air dan kamu bisa mengkonsumsinya dengan menambahkan gula atau pemanis alami lainnya

Air putih

Salah satu obat diare yang paling mudah dan manjur untuk mengusirnya adalah air putih. Konsumsilah air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi karena penyakit tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini