Deretan Ide Jualan Online Untuk Pelajar yang Layak untuk Dicoba

0
78
ide jualan online

Apakah kamu seorang pelajar, baik itu SMP atau SMA yang ingin menyambi jualan online? Sudahkah punya ide untuk berjualan barang atau jasa apa yang cocok dilakukan? Mungkin beberapa ide jualan online untuk pelajar yang akan kami berikan ini dapat membantu kamu untuk segera memulainya.

Jualan online bisa dilakukan siapa saja, baik itu tua atau muda, wanita atau laki-laki dan bahkan yang masih usia muda seperti pelajar. Tidak ada kriteria khusus untuk menjalankannya, yang penting ada keinginan dan konsisten melakukan penjualan. Namun sebelumnya, kamu harus tahu dulu jualan barang atau jasa apa yang cocok sehingga bisa mendapatkan profit dan tidak kebingungan untuk mengelolanya.

Ide Jualan Online Untuk Pelajar dan Remaja

Usia muda seharusnya tidak hanya dituntut untuk belajar saja, namun juga harus diberikan pemahaman akan pentingnya kewirausahaan. Hal ini penting agar mereka tidak selalu berharap untuk mendapatkan pekerjaan di dunia industri atau pabrik. Seperti yang diketahui bahwa saat ini pabrik atau sejenisnya sering melakukan pengurangan pegawai, sehingga tidak harus dijadikan harapan satu-satunya untuk mendapatkan penghasilan.

Meskipun saat ini masih pelajar dan jualan bukanlah tugas utama kamu, setidaknya jika berhasil menjalankannya akan mengurangi beban pengeluaran orang tua. Bahkan bisa jadi dapat membantu mereka dari segi finansial. Jika kamu memang benar-benar niat dan ingin segera berjualan online, beberapa ide berikut mungkin dapat membantu kamu untuk segera memulainya.

1. Jual Pulsa Online

Saat ini pulsa merupakan kebutuhan pokok hampir bagi semua orang. Dengan pulsa, mereka bisa menggunakannya untuk pembelian paket kuota. Bahkan beberapa diantaranya digunakan pembelian atau top up untuk bermain game online.

Potensi ini tentu saja sangat baik dan perlu dipertimbangkan. Kamu bisa memulainya tanpa harus mengeluarkan banyak modal sebagai media promosi. Gunakan media sosial, aplikasi pesan online dan sejenisnya sebagai alat promosi.

2. Menjadi Dropshipper

Sudah tahu kan apa itu dropshipper beserta kelebihannya? Kami sudah membahas tentang hal itu pada artikel sebelumnya. Kamu bisa berjualan apapun dengan sistem tersebut tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Saat ini sistem penjualan dropship sudah banyak dipakai oleh banyak kalangan. Banyak yang berhasil dan mendapatkan keuntungan dari sistem ini. Tanpa modal, dapat banyak keuntungan, pastinya kamu mau kan?

3. Jasa Desain Grafis

Tidak harus seputar barang jika ingin berjualan online. Kamu juga bisa menjual skill dan kreativitas kamu melalui jasa pembuatan desain grafis. Terlihat sepele, namun banyak orang yang membutuhkan keahlian seperti ini. Bahkan beberapa perusahaan juga mencari jasa desain untuk membuat logo, poster atau pamflet yang akan dijadikan untuk produk mereka.

Tidak harus mempunyai modal besar, kamu bisa memulainya dengan perangkat komputer dan juga software pendukung didalamnya. Dalam hal ini, tentu kamu harus menguasai bidang yang dimaksud.

4. Menjadi Blogger

Menjadi blogger tidak harus mengeluarkan modal besar kok, kamu menggunakan platform blog gratis sebagai permulaan. Platform yang cukup bagus dan sampai saat ini masih dipakai sebagian besar blogger adalah Blogspot dan Wpordpress.

Kamu harus konsisten untuk membuat postingan didalam blog agar pengunjung akan selalu menanti hal baru. Jika memungkinkan, buatlah blog mengenai tips dan trik atau tutorial. Cari topik apa yang mempunyai target audience terbanyak dengan tingkat persaingan yang rendah.

5. Program Afiliasi

Program Afiliasi bisa juga dikatakan sebagai perantara, maksudnya kamu menjembatani antara penjual dan pembeli. Pada umumnya, kamu akan mendapatkan link (URL) khusus dengan ID unik milik kamu didalamnya. Kemudian kamu sebarkan link tersebut ke beberapa media sosial atau sejenisnya. Jika ada yang membeli melalui tautan itu, kamu akan mendapatkan komisi yang sebelumnya telah disepakati.

6. Jasa Pembuatan Website

Kamu termasuk pelajar yang mempunyai keahlian dalam bidang bahasa pemrograman? Mungkin kamu bisa mencoba untuk menjual jasa pembuatan website. Banyak kok perusahaan yang mencari jasa ini, baik itu perorangan atau instansi. Menariknya, kamu tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Hanya memerlukan skill dan kreativitas untuk membuat tampilan website layak dipublikasikan.

Untuk memulai suatu usaha, hal yang paling penting adalah niat. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan memilih salah satu ide jualan online untuk pelajar diatas. Iya, hanya satu saja, tujuannya agar kamu bisa fokus menjalankannya.

Sumber : Meidi.blog

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini