Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Mudah

0
21
cara merawat rambut rontok

Cara merawat rambut rontok – Mempunyai rambut yang sehat dan bebas rontok merupakan impian bagi semua orang. Namun untuk memperolehnya memang tidaklah mudah. Ada beberapa faktor pemicu rambut rontok, diantaranya seperti stress, kehamilan, pengaruh obat-obatan, hormon, dan lain sebagainya.

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami

Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, ada beberapa cara alami yang bisa digunakan di rumah diantaranya :

Lakukan Pijatan di Kulit Kepala Dengan Teratur

Untuk merawat rambut yang rontok, cara pertama ialah dengan melakukan pemijatan kulit kepala. Anda bisa memakai minyak hangat, berupa minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak almond dengan teratur, Hal tersebut dapat membantu mengatasi stress sekaligus meningkatkan sirkulasi peredaran darah, sehingga dapat menstimulasi folikel rambut.

Di samping itu, cara tersebut juga dapat membantu mengatasi masalah ketombe serta infeksi di kulit kepala.

Kendalikan stress

Stress dapat menyebabkan timbulnya masalah-masalah kesehatan, mulai dari penyakit diabetes, penurunan atau kenaikan berat badan, stroke, hingga kerontokan rambut. Tidak sedikit orang yang mengalami stress umumnya mengalami masalah rambut rontok.

Maka dari itu, sebaiknya hindari stress dengan cara melakukan berbagai aktivitas positif, mulai dari meditasi, berolahraga, bersenang-senang bersama keluarga, teman dan apa saja yang bisa membuat Anda Bahagia.

Jangan Menyisir Rambut Ketika Basah

Saat rambut basah, sebaiknya jangan menyisirnya secara langsung. Hal tersebut disebabkan rambut akan mengalami kerontokan. Mengingat menyisir rambut ketika masih basah dapat melemahkan folikel pada rambut. Disamping itu, hindari pula mengeringkan rambut memakai hair dryer sebaiknya biarkan rambut mengering dengan cara alami.

Cukup Tidur

Walaupun terdengar sepele, namun perawatan rambut rontok lainnya yang harus diperhatikan ialah istirahat atau tidur teratur. Jika Anda mempunyai waktu istirahat yang cukup bisa membantu mengurangi atau mengatasi stress yang dapat memicu kerontokan rambut. Lakukan istirahat dengan durasi tidur yang cukup sekitar 7-8 jam dalam sehari. 

Manfaatkan Bahan-Bahan Alami Untuk Atasi Kerontokan

Ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut, diantaranya :

  • Minyak Jojoba

MInyak ini dibuat dari hasil biji tanaman bernama Zyzyphys jujube. Dengan mengaplikasikan minyak jojoba pada rambut secara rutin dapat mendorong pertumbuhan kembali rambut Anda.

  • Minyak Peppermint

Minyak peppermint dapat meningkatkan jumlah folikel pada rambut serta ketebalan di kulit kepala. Minyak esensial ini berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut pada bagian dalam tubuh. Hal ini dikarenakan minyak ini memiliki kandungan mentol sehingga dapat memperbesar pembuluh darah yang dapat mendorong tumbuhnya rambut.

  • Lidah Buaya

Secara turun temurun, lidah buaya memang sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Selain itu, cara penggunaannya pun sangat simple dan mudah, Anda cukup mengambil gel lidah buaya lalu gosokkan ke seluruh permukaan rambut, mulai dari bagian kulit kepala sampai ujung rambut. 

Konsumsi Makanan Tertentu

Perawatan rambut rontok berikutnya ialah dengan cara mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat menguatkan akar rambut. Misalnya saja, kacang-kacangan dengan asam lemak omega 3 di dalamnya yang dipercaya dapat mengatasi kerontokan rambut. Di samping itu, makanan berprotein tinggi, seperti telur dan ikan salmon yang harus banyak dikonsumsi. 

Itulah 6 cara merawat rambut rontok secara alami yang bisa Anda lirik dan pilih untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Semoga cara di atas bermanfaat untuk Anda!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini