Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga Dengan Baik

0
27
cara merawat anggrek

Mengoleksi tanaman hias memang menjadi salah satu hobi bagi sebagian besar orang terutama bagi para pecinta bunga. Adapun salah satu bunga yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat adalah Anggrek.

Bunga ini sendiri merupakan salah satu bunga yang mempunyai bentuk yang cukup untuk. Untuk anda yang ingin menanam bunga ini maka anda harus mengetahui bagaimana cara merawat anggrek agar bisa berbunga dengan baik. 

Anggrek sendiri memang masuk ke dalam salah satu tanaman hias. Dimana keberadaannya sudah cukup mudah untuk anda temukan. Mengingat tanaman hias ini hampir dijual di semua penjual tanaman hias. 

Tidak hanya itu saja, tanaman ini sendiri ternyata juga mempunyai jenis yang cukup banyak bahkan mencapai sekitar 25000 jenis di dunia. 

Cara merawat anggrek agar cepat berbunga

Di Indonesia sendiri, tanaman ini mempunyai jenis hingga 4000 jenis. Karena keindahan yang dimiliki itulah, banyak masyarakat yang akhirnya memilih bunga ini sebagai tanaman hias di rumah mereka.

Walaupun demikian, tidak semua orang memahami dengan baik bagaimana cara merawat anggrek agar cepat berbunga setelah sekian lama ditanam. 

Untuk anda yang penasaran, ulasan di bawah ini akan membantu anda untuk merawat tanaman hias bunga anggrek yang satu ini. 

Cahaya matahari yang cukup

Tips pertama yang bisa anda gunakan agar anggrek yang anda tanam tersebut cepat untuk berbunga adalah pastikan ada cahaya matahari yang cukup. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat sinar matahari ini sangat penting untuk proses fotosintesis dan juga akan membantu tanaman anggrek anda tersebut untuk cepat berbunga. 

Untuk itulah dianjurkan bagi anda untuk menanam bunga anggrek ini di tempat yang mudah untuk dijangkau oleh sinar matahari. Sinar matahari ini sendiri ternyata juga mampu memperbaiki bagian tanaman yang rusak. 

Perhatikan ketinggian tempat untuk menanam 

Selain memperhatikan cahaya matahari, anda juga harus memperhatikan ketinggian tempat untuk menanam bunga anggrek tersebut. cara merawat anggrek yang satu ini memang harus anda ketahui. Umumnya bunga anggrek ini sendiri bisa hidup dengan baik  apabila ketinggiannya tepat. 

Walaupun demikian, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika akan mencari tempat untuk menanam anggrek tersebut yakni sirkulasi udara, kelembaban, fotoperiodisme dan jua faktor genesis lainnya.

Ada baiknya anda menyediakan rumah lindung khusus untuk tanaman anggrek anda tersebut.  untuk menanamnya, anda bisa memanfaatkan pot ataupun pohon. 

Proses penyiraman 

Sebagaimana jenis tanaman lainnya, tanaman anggrek ini pun juga membutuhkan air untuk bertahan hidup. Air yang digunakan untuk menyiram anggrek tersebut bisa berupa air ledeng, air sumur maupun air hujan.

Air yang telah tercampur dengan bahan kimia sebaiknya tidak digunakan untuk menyiram. Siramlah anggrek anda tersebut sesuai dengan cuaca yang sedang terjadi.  

Apabila sedang  musim hujan, maka anda bisa memasukkan tanaman anggrek anda tersebut. ini agar air tersebut tidak membasahi media yang digunakan yang mampu menyebabkan pembusukan. 

Jangan lupa berikan pupuk 

Cara merawat tanaman anggrek yang berikutnya adalah jangan sampai lupa untuk memberikan pupuk. Seperti yang sudah kita ketahui apabila pupuk merupakan salah satu media yang bisa menjaga kesehatan tanaman anggrek anda tersebut.

Walaupun demikian pemberian pupuk tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada baiknya, anda bisa menanyakan kepada ahlinya. 

Bunga anggrek memang menjadi salah satu bunga cantik yang cocok untuk menghiasi rumah anda tersebut. untuk anda yang bingung bagaimana cara merawat anggrek, anda bisa langsung memperhatikan tips diatas. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini