Cara Menulis Naskah Cerita Dengan Baik

0
13
cara menulis naskah cerita dengan baik

Naskah cerita merupakan hal yang penting didalam sebuah buku. Disana terdapat nyawa dari novel atau cerpen. Penulis harus bisa membuat bagaimana nantinya pembaca dapat masuk dan hanyut kedalam cerita yang dibuat. Dan tentu saja tidak mudah untuk dapat menulis cerita dengan baik. Karena diperlukan imajinasi dan konsentrasi penulis agar cerita bisa tetap singkron dari awal hingga akhir dengan judul.

Yang harus diperhatikan penulis adalah menurut saya, penulis terlebih dahulu menentukan tema tau judul apa yang hendak ditulis. Dengan menentukan tema kita memberikan dasar untuk menentukan ide terhadap unsur- unsur dalam cerita seperti halnya plot, tokoh dalam ceritanya dan latar ceritanya.

Lalu penulis menuliskan synopsis tersendiri lengkap dengan tokoh utamanya agar cerita tidak mengambang. Jangan lupa untuk menentukan sasaran pembacanya mulai dari usia berapa, agar cerita yang ditulis bisa dikasih koridornya dan batasannya hingga tidak menyebar kemana- mana alur ceritanya.

Yang terakhir mulai tulis naskah ceritanya, usahakan tulis cerita dengan tokoh, ide dan gagasan yang menarik bagi pembaca, dengan bahasa yang baik dan indah untuk dibaca. Bahasa yang digunakan harus penuh arti dan realistis yang dapat membawa pembaca masuk kedalam ceritanya. Dan jangan lupa berikan klimaks yang membuat pembaca puas dengan karya kamu.

Jika ada keinginan untuk menulis, maka usahakan untuk menulisnya pada sebuah buku catatan atu note pada phoncell, agar inspirasi ketika hendak menulis ceritanya tidak hilang. Maka menulislah selagi kamu ingin menulis.

Tuliskan semua yang bermanfaat bagi banyak orang, karena dengan menulis kamu bisa berbagi kepada siapa saja. Dan jika kamu berhasil membuatnya sebagai sebuah buku, maka sejatinya buku adalah guru yang tidak akan pernah marah. Ceritamu akan menjadi inspirasi dan pelajaran bagi pembacanya nanti. Insya Allah dan Salam literasi.

Selamat Menulis !

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini