Cara Membuat Makalah Agar lebih Mudah Dalam Penulisan

0
14
cara membuat makalah

Dalam dunia pendidikan istilah makalah ini sudah sangat popular. Biasanya siswa atau mahasiwa yang sudah memasuki tingkat akhir, pasti semakin akrab dengan makalah. Demikian juga dengan cara membuat makalah. Sebenarnya apa sih yang disebut dengan makalah? Makalah merupakan suatu bentuk karya tulis yang tersusun dari hasil penelitian, observasi maupun praktek lapangan.

Dalam pembuatan makalah ini tidak semua siswa atau mahasiswa dapat memahaminya dengan baik dan benar. Padalah dalam membuat makakah harus dilakukan sesuai dengan struktur yang sudah ditetapkan. Selain itu penyusunan kalimat juga harus sesuai dengan pedoman umum bahasa Indonesia. Penulisannya juga harus sesuai dengan EYD.

Bagaimana Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar ?

Makalah biasanya dibuat sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas akhir. Bagi siswa maupun mahasiswa sendiri makalah berfungsi sebagai acuan untuk mengevaluasi sejauh mana hasil pembelajaran yang sudah dicapai. Karena itu cara membuat makalah harus dilakukan dengan baik dan benar.

Sebelum membuat makalah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lebih mudah dalam penulisan. Berikut beberapa hal yang wajib dipahami baik oleh siswa maupu mahasiswa. Agar cara pembuatan makalah lebih mudah dilakukan. Yuk kita simak ulasannya.

Menentukan Tema

Hal Pertama yang harus dilakukan dalam membuat makalah adalah menentukan tema apa yang akan digunakan. Dalam menentukan tema ini sebaiknya diambil dari hasil penelitian, observasi maupun praktik kerja lapangan yang dilakukan siswa atau mahasiswa itu sendiri. Hal ini merupakan salah satu cara membuat makalah agar lebih efektif dan lebih mudah dilakukan.

Membuat Judul Makalah

Setelah menentukan tema yang akan diambil, langkah selanjutnya membuat judul makalah. Dalam membuat judul makalah  sebaiknya harus disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya agar lebih mudah dalam penulisannya. Selain itu agar ada kesesuaian antara judul makalah dengan temanya.

Pahami Latar Belakang Permasalahan

Sebelum membuat makalah sebaiknya pahami dulu apa yang melatar belakangi permasalan yang ditulis dalam sebuah makalah. Tujuannya agar penulisan makalah lebih efektif dan lebih mudah dilakukan. Sehingga dapat selesai tepat pada waktu yang sudah ditetapkan.

Membatasi Permasalahan Yang Dibahas Dalam Makalah

Membatasi permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini tujuannya agar dalam penulisan makalah tidak melebar kemana-mana. Sehingga akan lebih memudahkan dalam penelusuran maupun dalam mencari sumber bacaan yang diperlukan sebagai referensi.

Pengumpulan Data

Cara membuat makalah selanjutnya agar lebih mudah dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data-data yang diperlukan. Baik data yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas maupun sumber bacaan yang dipakai sebagai landasan dalam penulisan makalah. Dengan pengumpulan data ini maka akan lebih mudah dalam penyusunan penulisan makalah.

Membuat Kerangka Penulisan Sesuai Dengan Aturan Yang Ditetapkan

Setelah semuanya sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka tulisan yang sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. Biasanya kerangka penulisan makalah ini formatnya sudah ditetapkan oleh pihak yang berwenang.Dalam hal ini pihak sekolah atau kakmpus.

Mulai Menulis Makalah

Langkah berikutnya adalah mulai menulis makalah. Menulislah secara berurutan sesuai dengan kerangka tulisan. Mulai dari menulis judul makalah, mengolah data, mengungkapkan latar belakang masalah, merumuskan masalah dan lain sebagainya sesuaikan dengan format yang ditentukan.

Kemudian lanjutkan dengan penulisan pembahasan makalah pada setiap bab mulai dari landasan teori, cara penulisan makalah, pembahasan dari setiap masalah dan yang lainnya hingga pada bab kesimpulan makalah. Dalam bab kesimpulan ini biasanya merupakan jawaban dari rumusan masalah yang sudah dibahas pada bab sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan saran untuk perbaikan dari masalah.

Demikian informasi singkat mengenai cara membuat makalah agar lebih mudah dikerjakan sesua dengan ketentuan, semoga dapat bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini