Budaya Nasional Indonesia

0
42
keragaman budaya nasional indonesia 34 provinsi

Budaya nasional Indonesia pada awalnya biasanya hanya berupa budaya lokal yang kemudian diresmikan sebagai budaya nasional. Sumbangan tradisi dan kebudayaan lokal yang berasal dari berbagai wilayah tersebutlah kemudian satu per satu bergabung dan membentuk satu kesatuan dengan ciri khas yang sama, dan kemudian akhirnya membentuk kebudayaan nasional.

Makna Budaya Nasional

Budaya nasional merupakan rangkaian dan himpunan dari berbagai nilai dan norma sosial, perilaku kedaerahan, berbagai aliran kepercayaan, berbagai jenis adat istiadat, dan juga nilai-nilai luhur yang terbentuk secara alami dalam populasi masyarakat suatu negara yang berdaulat.

Budaya nasional dipengaruhi berbagai faktor yang juga membentuk budaya lokal, misalnya faktor bahasa, unsur agama, identitas etnis, ras bangsa, sejarah masa lalu, dan juga tradisi budaya setempat.

Setiap wilayah negara yang ada di dunia ini pastilah memiliki beragam jenis tradisi dan kebudayaan yang semuanya berasal dari tradisi dan kebiasaan dalam kehidupan masyarakatnya. Dari semua jenis tradisi dan kebudayaan yang sudah ada, pastilah terdapat kebudayaan tertentu yang kemudian menjadi ciri yang khas dari suatu negara. Kebudayaan pada bentuk inilah yang kemudian disebut sebagai sebuah kebudayaan nasional.

Menurut Koentjaraningrat, dalam bukunya yang berjudul Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan yang terbit pada tahun 2004,

Kebudayaan nasional ialah suatu produk kebudayaan yang mendapat dukungan dari sebagian besar warga pada suatu negara, memiliki nilai seni tinggi yang khas dan sangat dibanggakan, serta menggambarkan identitas sebuah negara dan warga negaranya.

Apabila dihubungkan dengan Indonesia, maka budaya nasional Indonesia merupakan sebuah produk budaya hasil tradisi bangsa Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu, dan bertahan terwariskan hingga saat ini sebagai sebuah karya budaya yang sangat khas dan sangat dibanggakan, serta mampu menjadi cermin dari jati diri dan juga identitas Indonesia sebagai suatu bangsa.

Dengan kata lain bahwa budaya nasional Indonesia sebenarnya adalah gabungan dari berbagai kebudayaan lokal yang ada di tanah air. Dengan demikian, budaya nasional Indonesia adalah puncak dari semua kebudayaan lokal yang tersebar dan ada di seluruh penjuru daerah Indonesia.

Definisi Budaya Nasional Dari Para Ahli

Berikut ini adalah definisi Budaya nasional menurut ahli, yaitu:

1. Sutan Takdir-Alisyahbana

Budaya nasional Indonesia adalah sebuah kebudayaan yang bersifat universal, yaitu sebuah kebudayan yang terbentuk dari berbagai unsur budaya local yang dikreasikan masyarakat Indonesia pada masa lampau, yang di dalamnya mencakup berbagai hal, misalnya teknologi, budaya ekonomi, budaya keterampilan dan organisasi, serta unsur ilmu pengetahuan.

Usaha dan Upaya kreasi budaya tersebut dicapai sebagai hasil atas usaha pertajaman tingkat kecerdasan dan akal masyarakat Indonesia pada masa lampau.

2. Sanusi Pane

Budaya nasional Indonesia adalah sebuah kebudayaan berciri khas timur, yang sangat mementingkan aspek kerohanian, aspek perasaan, dan kemauan gotong royong dalam seluruh aspek kehidupan dan komponen masyarakat, yang hidup secara bersama.

3. Poerbatjaraka

Budaya nasional Indonesia adalah sebuah kebudayaan yang mesti berakar dari kebudayaan berbagai unsur budaya Indonesia sendiri, budaya Indonesia mesti berakar dari kebudayaan berbagai suku bangsa yang berada di Nusantara. Serta sangat Dianjurkan agar supaya masyarakat Indonesia memperbanyak mempelajari budaya dan sejarah kebudayaan mareka sendiri.

4. Ki Hajar Dewantara

Budaya nasional Indonesia adalah sebuah puncak dari kebudayaan daerah dengan aspek mutu yang sangat tinggi. sebab, hanya produk kebudayaan daerah bermutu tinggi yang diakui oleh negara legalitasnya.

Ciri Budaya Nasional Indonesia

Budaya nasional Indonesia mempunyai karakteristik khusus, diantaranya yaitu;

1) Merupakan Hasil budaya berbagai suku masyarakat;

2) Merupakan tradisi turun temurun masyarakat dari zaman dahulu hingga saat ini;

3) Merupakan budaya yang dibanggakan oleh masing-masing daerah;

4) Merupakan budaya yang menggambarkan kekhasan bangsa Indonesia;

5) Merupakan identitas dan  jati diri bangsa;

Konsep Budaya Nasional Indonesia

Menurut Koentjaraningrat, ada beberapa hal yang menjadi konsep budaya nasional Indonesia, diantaranya yaitu;

1) Budaya nasional merupakan sebuah karya warga Negara-Indonesia, termasuk di dalamnya pula semua karya zaman dahulu yang tersebar di berbagai daerah di tanah air.

2) Budaya nasional ialah sebuah produk budaya suku-suku di Indonesia, yang memiliki tema tertentu yang berasal dari olah pikir dan tradisi masyarakat, dengan bentuk dan wujud yang menggambarkan ciri khas Indonesia.

3) Budaya nasional merupakan hasil karya warga Republik Indonesia, yang mempunyai nilai budaya yang sangat tinggi, sehingga menjadi sebuah kebanggaan bagi orang Indonesia.

Meski demikian, tidak semua unsur kebudayaan lokal mampu terpilih menjadi sebuah kebudayaan nasional. Sebab, sebuah produk Kebudayaan lokal hanya bisa diakui sebagai kebudayaan nasional jika produk kebudayaan tersebut mampu mewakili nilai-nilai budaya nasional serta mendapat penerimaaan dari masyarakat nasional.

Contoh Budaya Nasional

Ada beberapa Bentuk dan contoh budaya nasional Indonesia yang disebutkan Dalam buku Dasar Dasar Ilmu-Budaya (tahun 2019) karya dari Isma Tantawi, yaitu:

1. Bahasa Indonesia

Budaya dalam Bahasa Indonesia merupakan contoh budaya nasional karena lahir dan menggambarkan pribadi bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia bersumber dari bahasa daerah yang berada di Indonesia dan banyak digunakan dalam pergaulan antar suku di masa lalu, yaitu Bahasa Melayu.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan Bahasa Melayu dipilih menjadi sumber Bahasa Indonesia, yaitu:

1) Bahasa Melayu sudah banyak digunakan di berbagai daerah tanah air dan telah menjadi bahasa antar suku di Indonesia.

2) Bahasa Melayu sangat mudah dipahami serta tidak memiliki banyak versi dan tingkatan;

3) Bahasa Melayu sangat sederhana dan sangat mudah dipelajari;

4) Bahasa Melayu sangat mudah beradaptasi, sehingga ia bisa diikuti dan juga dipahami oleh semua suku yang ada di Indonesia.

5) Diangkat menjadi bahasa Indonesia berdasarkan Musyawarah berbagai tokoh suku nasional;

2. Musyawarah

Cara mengambil keputusan dalam berbagai hal dengan musyawarah dilakukan oleh hampir semua suku yang ada di Indonesia. Inilah alasan mengapa musyawarah kemudian diangkat sebagai salah satu kebudayaan nasional.

3. Gotong royong

Gotong royong adalah salah satu produk kebudayaan ciri khas Indonesia. Gotong royong dilakukan oleh semua suku yang ada di Indonesia. Dengan melihat hal ini, Gotong royong pun juga diangkat sebagai salah satu produk kebudayaan nasional.

4. Batik

Batik adalah salah satu produk budaya nasional yang bersumber dari kebudayaan local di berbagai daerah. Hampir semua daerah di Indonesia mampu menciptakan batik sendiri, dengan hiasan corak khas masing-masing. Bahkan, batik telah disahkan dan ditetapkan oleh badan internasional UNESCO sebagai sebuah warisan resmi budaya Indonesia.

5. Candi Borobudur

Objek wisata Candi Borobudur sudah lama menjadi bagian budaya nasional masyarakat Indonesia. Bahkan, bangunan ini sudah pernah resmi menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia. Candi ini berlokasi di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya Kabupaten Magelang.

6. Wayang

Wayang merupakan salah satu produk kebudayaan nasional yang memainkan peran penting dalam proses penyebaran agama Islam di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Cerita Tokoh wayang seringkali menyelipkan nasihat dan juga pelajaran dari berbagai masalah dalam kehidupan sosial yang sering terjadi di kehidupan masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini