Beberapa Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Kualitas Diri Pada Anak

0
12
cara meningkatkan kualitas diri pada anak

Dalam perkembangan dan pendidikan anak, grit merupakan kata kunci. Begitu pula menurut dunia psikologi, yang dikutip dari fimela Gayuh, grit tersebut didasarkan kepada hasrat, motivasi dan tekad individu untuk mencapai tujuan tertentu.

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai membiarkan anak menemukan semangat mereka. Dimana dengan hal tersebut kita membebaskan anak untuk menemukan dimana hasrat mereka, sehingga dengan sendirinya anak dan kita dapat menemukan dimana bakat anak.

Yang kedua adalah memberikan kebebasan pada anak untuk dapat keluar dari zona nyamannya.  Disini peran orang tua adalah memberikan dukungan dan dorongan positef kepada anak- anaknya untuk dapat mencoba dan melanjutkan kegiatan yang menantang, bahkan mencoba hal- hal baru.

Semuanya agar dapat membuktikan bahwa apa saja yang dapat mereka lakukan. Dan tujuannya adalah agar nantinya anak mempunyai kepercayaan diri untuk melakukan segala macam hal yang positif sehingga mereka menjadi orang yang berhasil.

Ketiga adalah memberikan semangat. Terkadang sebagai orang tua, kita terlalu khawatir dengan perjuangan anak- anak namun kita lupa bahwa mengambil sebuah resiko adalah cara yang terpenting bagi anak untuk berjuang.

Seperti halnya ketika anak berhadapan dengan keterampilan atau olahraga yang sulit dikuasai, terkadang orang tua melarang. Seharusnya kita sebagai orang tua tidak melarang, karena hal tersebut akan membuat anak untuk berhenti, namun berikan semangat anak untuk terus berjuang dan bekerja keras untuk semua pencapaian yang di inginkannya selagi dalam batasan positif.

Lalu, belajar memecahkan masalah bersama dengan anak. Orang tua yang senantiasa bertukar fikiran dengan anaknya, secara tidak langsung akan memberikan pembelajaran terhadap anak- anaknya. Jika berbicara tentan sebuah kegagalan, maka anak akan mempunyai bekal tentang bagaimana hal yang harus dilakukan.

Begitu pula sebaliknya. Jangan lupa memberitahukan usaha apa yang harus diperbuat jika menghadapi sebuah kegagalan dan menghadapi sebuah keberhasilan. Semua berpengaruh dengan kepercayaan diri, harga diri dan konsep tentang diri yang kita tanamkan terhadap anak.

Jadilah orang tua yang mampu menjadi rumah pertama yang baik bagi setiap anak- anak yang hadir ditengah keluarga kecilmu. Karena peran besar orangtua sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, terutama mengenai kualitas diri anak. Disinilah awal mula anak berkembang menjadi generasi yang baik nantinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini