Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat (NTB)

0
555
Alat Musik Tradisional Nusa Tenggara Barat (NTB)
Alat Musik Tradisional Ntb.Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia. Ribuan pulau tersebar diseluruh penjuru nusantara. Mulai dari pulau weh di ujung barat hingga pulau merauke di ujung timur. Salah satu yang berada diantaranya adalah kepulauan nusa tenggara yang terletak bersebelahan dengan pulau bali.

Kepulauan nusa tenggara ini terdiri dari 2 provinsi yang terkenal dengan adat, seni dan budayanya. Yaitu provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nah, kali ini kita akan coba bahas mengenai salah satu dari kedua provinsi tersebut yaitu Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Yang akan kita kupas dalam artikel berikut adalah mengenai alat musik tradisional apa saja yang terdapat di provinsi Nusa Tenggara Barat Tersebut. Apa saja alat musik tradisional yang terdapat disana? Baca terus artikelnya ya!

Daftar Isi

Pareret

alat musik tradisional ntb pareret

Alat musik tradisional ntb yang pertama adalah Pareret. Alat musik tiup ini terbuat dari bambu. Memiliki bentuk yang mirip dengan terompet. Bahkan cara memainkannya juga seperti terompet.

Alat musik ini banyak dijumpai di daerah lombok bagian barat. Karena alat musik ini awal mulanya dibawa oleh masyarakat pulau tetangga alias pulau bali. Sehingga alat musik pareret ini juga akan sering dijumpai di pulau dewata tersebut.

Alat musik pareret ini sering dimainkan sebagai pengatur melodi. Terutama dalam adat upacara persembahyangan umat hindu yang berada di lombok nusa tenggara barat.

Gula Gending

alat musik tradisional gula gending ntb

Alat musik tradisional yang satu ini sangatlah unik, karena terbuat dari seng. Alat musik ini digunakan untuk menarik perhatian anak-anak agar mau membeli jajanan gula kapas.

Cara memainkannya juga cukup sederhana. Tempat penyimpanan gula yang berbentuk kotak akan dipukul untuk menghasilkan nada yang menarik. Ketukan para penjual gula kapas ini yang nantinya akan membuat anak kecil mengetahui keberadaan si penjual walau dari kejauhan.

Satong Srek

Sekilas alat musik yang satu ini akan terlihat lebih kepada alat masak didapur (baca: parutan) dari pada alat musik. Terbuat dari lempengan seng yang dibuat kasar dan diikatkan pada sebatang bambu. Lempengan tersebut yang nantinya digesek atau dipukul untuk menghasilkan suara tertentu.

Satong srek dimainkan sebagai alat musik tambahan dalam suatu bentuk orkestra kesenian tradisional dan dapat pula dimainkan secara solo / individual.

Genggong

alat musik genggong

Genggong adalah alat musik yang berukuran kecil dan terbuat dari bambu. Alat musik ini sering juga disebut sebagai harpa mulut.

Suara genggong akan dihasilkan dari getaran lidah genggong yang berasal dari tarikan tangan si pemain. Dan dikombinasikan dengan pengaturan nafas pada rongga mulut dan sentuhan lidah pada langit-langit.

Untuk orang yang belum pernah memainkannya, akan cukup sulit dan membingungkan bagaimana gengong ini dapat menghasilkan nada dan suara yang diinginkan.

Gendang Beleq

alat musik tradisional gendang beleq

Gendang Beleq adalah alat musik tradisional dari suku sasak Nusa Tenggara Barat. Suku sasak adalah suku bangsa yang mendiami pulau lombok dan menggunakan bahasa sasak.

Nama Gendang berasal dari suara alat musik yang berbunyi deng.. dang.. dan asal kata Beleq adalah dari Bahasa Sasak yang berarti Besar, sehingga arti dari Gendang Beleq adalah Gendang Besar.

Demikianlah penjelasan beberapa alat musik tradisional dari provinsi Nusa Tenggara Barat yang cukup unik. Semoga Bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini